Pengembangan Profesional Guru Bahasa Inggris: Peranan dan Kompetensi dalam Pengajaran Bahasa

 https://youtu.be/zJTisknPKR8




















Komentar

  1. 1. - Melakukan karya tulis ilmiah di bidang pendidikan, meliputi: karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survei atau evaluasi di bidang pendidikan, dll.
    - Membuat alat peraga, meliputi alat bimbingan yang mendukung proses belajar.
    - Menciptakan karya seni seperti seni patung, kriya, dll.
    - Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan seperti alat praktikum.
    - Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum.

    2. Beberapa peranan guru yaitu sebagai:
    - Motivator, adalah guru yang selalu memberikan semangat agar siswa semangat dalam proses belajar.
    - Inspirator, adalah guru menjadi role belajar. Guru yang dapat dijadikan sebagai contoh yang baik untuk siswanya.
    - Evaluator, adalah guru memberikan nilai sebagai tolak ukur apakah siswa telah atau belum berhasil dalam proses belajarnya.

    3. Kompetensi pedagogik yang harus dikuasai oleh guru adalah:
    -Kompetensi menguasai karakteristik siswa
    -Kompetensi menguasai teori dan model pembelajaran
    -Kompetensi mengembangkan kurikulum
    -Kompetensi menyelenggarakan proses pembelajaran
    -Kompetensi berkomunikasi secara efektif
    -Kompetensi memanfaatkan teknologi pembelajaran.

    4. Adapun 3 metode pembelajaran dalam mengajar bahasa Inggris, yaitu:
    - Metode Grammar Translation
    Mengharuskan pelajar untuk memahami struktur bahasa dengan cara mendengarkan dan menulis materi.
    - Metode Audio-Lingual
    Memungkinkan pelajar untuk berkomunikasi dengan cepat melalui suara untuk memahami kata dan frasa.
    - Metode Direct Tutoring
    Memberikan akses interaktif bagi pelajar untuk berkomunikasi dengan pengajar secara langsung sehingga pelajar didorong untuk komunikatif saat pembelajaran.

    BalasHapus
  2. 1. Melakukan kegiatan karya tulis/karya ilmiah (KTI) di bidang pendidikan,Membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan, Menciptakan karya seni, Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan

    2. peran guru dalam menjalankan tugas di sekolah harus dapat menjadikan dirinya sebagai orang tua ke dua dan mampu menarik simpati para siswa, hingga pelajaran apapun hendaknya dapat dijadikan motivasi bagi siswanya.

    3. 1.Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan guru.
    2.Pemahaman terhadap peserta didik.
    3. Pengembangan kurikulum.
    4. Perencanaan pembelajaran.

    4. metode Grammar Translation, Audio-Lingual dan Direct Tutoring.

    BalasHapus
  3. 1. Kerja sama dengan teman sejawat dalam suatu tim yang bekerja sama secara sistematis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru melalui pemberian masukan, saran, nasehat, atau bantuan teman sejawat. Teknik pengembangan yang digunakan bisa melalui pertemuan KKG atau MGMP/MGBK. Teknik ini disebut juga dengan istilah peer supervision atau collaborative supervision.

    2. 1. Guru sebagai sumber belajar : Peran guru sebagai sumber belajar berkaitan dengan kemampuan guru dalam menguasai materi pelajaran.
    2. Guru sebagai Fasilitator : peran guru sebagai fasilitator dalam memberikan pelayanan kepada siswa untuk dapat memudahkan siswa menerima materi pelajaran.
    3. Guru sebagai pengelola : dalam proses pembelajaran, guru berperan untuk memegang kendali penuh atas iklim dalam suasana pembelajaran.

    3. Kompetensi pedagogik yang harus dimilik seorang guru meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

    4. 1. Metode Grammar Translation
    2. Metode Audio-Lingual
    3. Metode Direct Mentoring

    BalasHapus
  4. LYDIA OKTAVIANTI/20201111043
    1. -Melakukan kegiatan karya tulis/karya ilmiah (KTI) di bidang pendidikan;
    - Membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan;
    - Menciptakan karya seni;
    - Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan;
    2. Sebagai pengajar, yaitu orang yang mengajarkan suatu ilmu pengetahuan kepada para anak didiknya.
    Sebagai pendidik, yaitu orang yang mendidikan muridnya agar memiliki tingkah laku yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
    Sebagai pembimbing, yaitu orang yang mengarahkan muridnya agar tetap berada pada jalur yang tepat sesuai tujuan pendidikan.
    Sebagai motivator, yaitu orang yang memberikan motivasi dan semangat kepada muridnya dalam belajar.
    Sebagai teladan, yaitu orang yang memberikan contoh dan teladan yang baik kepada murid-muridnya.
    Sebagai administrator, orang yang mencatat perkembangan para muridnya.
    Sebagai evaluator, orang yang melakukan evaluasi terhadap proses belajar anak didiknya.
    Sebagai inspirator, orang yang menginspirasi para muridnya sehingga memiliki suatu tujuan di masa depan.
    3. - Menguasai karakteristik peserta didik
    - Menguasasi teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik
    - Pengembangan kurikulum
    - Kegiatan pembelajaran yang mendidik
    4. 3 metode pembelajaran dalam mengajar bahasa Inggris, yakni metode Grammar Translation, Audio-Lingual dan Direct Tutoring. Metode Grammar Translation mengharuskan pelajar untuk memahami struktur bahasa dengan cara mendengarkan dan menulis materi. Metode Audio-Lingual memungkinkan pelajar untuk berkomunikasi dengan cepat melalui suara untuk memahami kata dan frasa. Metode Direct Tutoring memberikan akses interaktif bagi pelajar untuk berkomunikasi dengan pengajar secara langsung sehingga pelajar didorong untuk komunikatif selama masa belajar.

    BalasHapus
  5. Nadia Prihatini Gaffar/20201111023

    1. Kegiatan guru dalam pengembangan profesi guru:
    Pengembangan profesi adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu dan pengetahuan, teknologi dan keterampilan untuk meningkatkan mutu, baik bagi proses belajar mengajar dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Macam kegiatannya:
    ● Mengadakan penelitian dibidang pendidikan bahasa Inggris.
    ● Menemukan teknologi tepat guna dibidang pendidikan bahasa Inggris.
    ● Membuat alat pelajaran atau peraga atau bimbingan.
    ● Menciptakan karya tulis.
    ● Mengikuti perkembangan kurikulum.

    2. Peranan guru:
    ● Guru sebagai Fasilator, yang artinya guru memberikan layanan ketersediaan fasilitas guna mempermudah kegiatan pembelajaran.
    ● Guru sebagai Motivator, yang artinya guru mendorong, memberi penggerakan, untuk meningkatkan semangat siswa dalam proses pembelajaran.
    ● Guru sebagai Mediator, yang artinya guru sebagai penengah dalam kegiatan pembelajaran, untuk memberikan jalan keluar atau guru sebagai penyedia media.

    3. Kompetensi pedagogik yang harus dimiliki seorang guru, meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan sebaga potensi yang dimilikinya.

    4. Metode pembelajaran dalam pelajaran Bahasa Inggris:
    ● Grammar Translation Method
    ● Audio Lingual Method
    ● Silent Way
    ● Total Physical Response




    BalasHapus
  6. Nama ; Mas Dewi Fatimatus zahra
    NIM : 20201111045

    1. 1. Melakukan kegiatan karya tulis/karya ilmiah (KTI) di bidang pendidikan;
    2. Membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan;
    3. Menciptakan karya seni;
    4. Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan;
    5. Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum.

    2. Seorang guru memiliki peran yang sangat penting di dalam kelas yakni mendidik , mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran seperti yang telah dijelaskan dalan Undang-undang diatas.
    1. Guru sebagai sumber belajar
    2. Guru sebagai fasilitator
    3. Guru sebagai pengelolah
    4. Guru sebagai demostator, mediator, motivator,inspirator, inisiator, kulminator, evaluator dan
    pembimbing.

    3. Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.
    -Kompetensi menguasai karakteristik siswa
    -Kompetensi menguasai teori dan model pembelajaran
    -Kompetensi mengembangkan kurikulum
    -Kompetensi menyelenggarakan proses pembelajaran
    -Kompetensi berkomunikasi secara efektif
    -Kompetensi memanfaatkan teknologi pembelajaran.

    4. - Metode Grammar Translation
    - Metode Audio-Lingual
    - Metode Direct Tutoring
    - Silent Way
    metode pembelajaran bahasa yang ditemukan oleh Caleb Cattegno. Metode ini memakai batang atau peta angka dalam pembelajarannya. Dalam metode ini aturannya yakni bahasa guru nya relatif lebih sedikit supaya pembelajar (peserta didik) nya jadi lebih aktif dalam membuahkan bahasanya.
    - Community Language Learning (CLL)
    pembelajaran konseling
    - Total Physical Response (TPR)
    yang jadi basic dalam metode ini yakni kebahagiaan menciptakan pembelajar tertarik dalam bahasa asing seperti bahasa inggris.

    BalasHapus
  7. Indah Prahastini / 20201111042

    1. Kegiatan guru dalam pengembangan profesi guru:
    - Melakukan kegiatan karya tulis/karya ilmiah (KTI) di bidang pendidikan
    - Membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan
    - Menciptakan karya seni
    - Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan
    - Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum.


    2. Peranan guru:
    - Guru sebagai Fasilitator : Peran guru sebagai fasilitator dalam memberikan pelayanan kepada siswa untuk dapat memudahkan siswa menerima materi pelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien
    - Guru sebagai motivator
    Proses pembelajaran akan berhasil jika siswa memiliki motivasi disalam dirinya. Olehkarena itu, guru juga berperan penting dalam menumbuhkan motivasi dan semangat dalam diri siswa untuk belajar.
    - Guru sebagai pembimbing
    Perannya sebagai seorang pembimbing, guru diminta untuk dapat mengarahkan kepada siswa untuk menjadi seperti yang diinginkannya. Namun tentunya, haruslah guru membimbing dan mengarahkan untuk dapat mencapai cita-cita dan impian siswa tersebut.

    3. Kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh seorang guru:
    - Menguasai karakteristik siswa
    - Menguasai teori dan model pembelajaran
    - Mengembangkan kurikulum
    - Menyelenggarakan proses pembelajaran


    4. Metode pembelajaran dalam mengajar bahasa inggris:
    - Metode grammar translation (mengharuskan pelajar untuk memahami struktur bahasa dengan cara mendengarkan dan menulis materi)
    - Metode Audio-lingual (memungkinkan pelajar untuk berkomunikasi dengan cepat melalui suara untuk memahami kata dan frasa)
    - Metode Direct tutoring (memberikan akses interaktif bagi pelajar untuk berkomunikasi dengan pengajar secara langsung sehingga pelajar didorong untuk komunikatif selama masa belajar)

    BalasHapus
  8. 1. Sebutkan dan jelaskan kegiatan guru dalam perkembangan profeai guru.
    Jawab:
    -Menciptakan karya seni
    -menemukan teknologi telat guna dibidang pendidikan
    -membuat alat peraga dalam penunjang pendidikan
    -melakukan KTI dalam bidang pendidikan
    2. Sebutkan dan jelaskan peranan guru
    Jawab:
    - sebagai organisator: bisa memberikan andil dalam menyukseskan pembelajaran
    -sebagai demonstran: Ikut andil dalam proses belajar
    -sebagai pengelola kelas: membuat kelas lebih active dan tidak pasif
    -sebagaimotivator: dapat memberikan motivasi kepada anak didik
    3. Jelaskan kompetensi pedagogik
    Jawab:
    Kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatup proses pembelajaran atau interaksi belajara mengajar dengan peserta didik
    4. Berikan contoh masing-masing metode pembelajaran Bahasa Inggris
    Jawab:
    -metode grammar translation: reading abook
    -metode audio lingual :Watching movies
    -metode direct tutoring: kerja kelompok dan presentasi di delan kelas

    BalasHapus
  9. 1. -Menciptakan karya tulis
    -Mengikuti perkembangan kurikulum
    -Membuat alat peraga
    -Mengadakan penelitian
    -Menemukan teknologi yang tepat

    2. -Guru sebagai motivator yaitu berfungsi untuk memotivasi anak didiknya dalam belajar
    -Guru sebagai fasilitator yaitu berfungsi untuk memfasilitasi anak didiknya dalam belajar
    -Guru sebagai evaluator yaitu berfungsi untuk mengevaluasi anak didiknya dalam proses belajarnya
    -Guru sebagai inspirator yaitu berfungsi untuk menginspirasi anak didiknya dalam pembelajaran.

    3. Dalam kompetensi Pedagogik guru harus menguasai dan memahami karakter serta mengidentifikasi potensi dan kesulitan belajar anak didik.

    4. -Metode Grammar Translation, sebuah metode mengajar yang biasa digunakan untuk mengajarkan grammar dengan karakteristik utama berfokus kepada translation (penerjemahan) dan menghafalkan bentuk-bentuk kata kerja, ketika mengajar, guru biasanya menjelaskan materi dengan menggunakan bahasa lokal. Skill utama yang menjadi fokus metode ini adalah reading dan writing.
    -Metode Audio Lingual, Bentuk kegiatan pengajaran dan pembelajaran metode ini pada dasarnya adalah sebuah percakapan dan latihan (drills) dan pola latihan (pattern practice). Tekniknya adalah dengan menghafal dialog , dalam teknik ini siswa menghafal dialog singkat atau percakapan antara dua orang.
    -Metode Direct Tutoring, memberikan akses interaktif bagi pelajar untuk berkomunikasi dengan pengajar secara langsung sehingga pelajar didorong untuk komunikatif selama masa belajar.

    BalasHapus
  10. 1. - Mengikuti pengembangan kurikulum.
    - Menciptakan karya tulis.
    - Membuat alat pengajaran/peraga atau bimbingan.

    2. • Guru Sebagai Fasilitator
    Sebagai fasilitator, guru mamberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar-mengajar.
    • Guru Sebagai Mediator
    Sebagai mediator, guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan, karena media pendidikan merupakan alat komunikasi untuk lebih mengefektifkan proses belajar-mengajar.
    • Guru Sebagai Motivator
    Sebagai motivator, guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar semangat dan aktif belajar.
    • Guru Sebagai Inspirator
    Sebagai inspirator, guru harus memberikan inspirasi bagi kemajuan belajar peserta didik. Persoalan belajar adalah masalah utama anak didik, guru harus dapat memberikan petunjuk bagaimana cara belajar yang baik.

    3. - Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan guru.
    - Pemahaman terhadap peserta didik.
    - Pengembangan kurikulum.
    - Perencanaan pembelajaran.
    - Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis.

    4. • Metode Grammar Translation
    • Metode Audio Lingual
    • Metode Direct Tutoring

    BalasHapus
  11. 1. Pengembangan profesi adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi dan keterampilan. Macam-macam kegiatan guru yang termasuk kegiatan pengembangan pengembangan profesi adalah:
    a. mengadakan penelitian dibidang pendidikan bahasa inggris.
    b. menemukan teknologi tepat guna dibidang pendidikan bahasa inggris.
    c. membuat alat pelajaran/peraga atau bimbingan,
    d. menciptakan karya tulis,
    e. mengikuti pengembangan kurikulum.

    2. Ada beberapa peranan guru yaitu:
    a. guru sebagai fasilititator, sebagai fasilitator, guru diharuskan untuk dapat memfasilitasi peserta didik dalam proses belajar mengajar.
    b. guru sebagai inspirator, dalam peran ini guru diharuskan untuk menjadi role belajar di sekolah. Proses interaksi edukatif yang dilakukan guru harus relevan dengan perkembangan zaman yang telah memasuki era teknologi informasi.
    c. guru sebagai mediator, sebagai mediator, guru harus memahami bagaimana siswa berinteraksi dan merespon suatu keadaan.

    3. Kompetensi pedagogik yaitu menguasaidan memahami karakter serta mengidentifikasikan potensi dan kesulian belajar siswa. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru adalah memahami karakteristik murid, menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum dan melakukan evaluasi pembelajaran.

    4. Metode pembelajaran dalam mengajar bahasa inggris:
    a. metode grammar translation, mengharuskan pelajar memahami struktur bahasa dengan cara mendengarkan dan menulis materi.
    b. metode audio-lingual, memungkinkan pelajar untuk berkomunikasi dengan cepat melalui suara untuk memahami kata dan frasa
    c. metode direct tutoring, memberikan akses interaktif bagi pelajar untuk berkomunikasi dengan pengajar secara langsung sehingga pelajar didorong untuk komunikatif sealama masa belajar.

    BalasHapus
  12. Peranan Kompetensi Guru

    Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

    Menurut Finch & Crunkilton, (1992: 220) Menyatakan “Kompetencies are those taks, skills, attitudes, values, and appreciation thet are deemed critical to successful employment”. Pernyataan ini mengandung makna bahwa kompetensi meliputi tugas, keterampilan, sikap, nilai, apresiasi diberikan dalam rangka keberhasilan hidup/penghasilan hidup. Hal tersebut dapat diartikan bahwa kompetensi merupakan perpaduan antara pengetahuan, kemampuan, dan penerapan dalam melaksanakan tugas di lapangan kerja.

    Macam- macam kompetensi guru yaitu :

    1) Kompetensi Pedagogik
    Meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

    2) Kompetensi Kepribadian

    Merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.

    3) Kompetensi Sosial
    Merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

    4) Kompetensi Profesional
    Merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya.

    BalasHapus
  13. Eva Nur Ainy 20211111037

    1. -Menangani proses pembelajaran.
    Guru memang bukan sekedar pekerjaan atau mata pencaharian yang membutuhkan ketrampilan teknis, tetapi juga pengetahuan teoretik. Maka guru memiliki otoritas untuk mengatur jenis pembelajaran yang ada di dalam kelas sesuai kebutuhan siswa-siswanya.
    - Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan
    Guru sebaiknya menemukan teknologi digital dan menjadikannya kegiatan belajar mengajar dalam berbagai aspek seperti komunikasi, transaksi, entertainment dan sebagainya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Teknologi dapat digunakan dalam belajar jika mampu dikuasai dan digunakan dengan tepat.
    - Melakukan kegiatan karya tulis/karya ilmiah (KTI) di bidang pendidikan
    Pada dasarnya profesi guru adalah profesi yang sedang tumbuh dan berkembang. guru harus terus meningkatkan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran maupun kemampuan lain dalam upaya menjadikan peserta didik memiliki keterampilan belajar, mencakup keterampilan dalam memperoleh pengetahuan (learning to know), keterampilan dalam pengembangan jati diri (learning to be), keterampilan dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu (learning to do), dan keterampilan untuk dapat hidup berdampingan dengan sesama secara harmonis (learning to live together).


    2. - mendidik , mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran
    -Guru berperan menyampaikan ilmu-ilmu yang dimiliki kepada muridnya. Guru merupakan sumber belajar muridnya. Dari gurulah, murid diajarkan membaca, menulis dan berhitung. Serta dari gurulah, murid mendapat pengetahuan baru dan pendidikan karakter.
    -guru sebagai komunikator, sahabat yang dapat memberikan nasihata-nasihat, motivator sebagai pemberi inspirasi dan dorongan, pembimbing dalam pengembangan sikap dan tingkah laku serta nilai-nilai, orang yang menguasai bahan yang diajarkan.

    3. Karakteristik para peserta didik. Dari informasi mengenai karakteristik peserta didik, guru harus bisa menyesuaikan diri untuk membantu pembelajaran pada tiap-tiap peserta didik. Karakteristik yang perlu dilihat meliputi aspek intelektual, emosional, sosial, moral, fisik, dll.
    Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik. Guru harus bisa menerangkan teori pelajaran secara jelas pada peserta didik. Menggunakan pendekatan tertentu dengan menerapkan strategi, teknik atau metode yang kreatif.
    Pengembangan kurikulum. Guru harus bisa menyusun silabus dan RPP sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan. Mengembangkan kurikulum mengacu pada relevansi, efisiensi, efektivitas, kontinuitas, integritas, dan fleksibilitas.
    Pembelajaran yang mendidik. Guru tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran, namun juga melakukan pendampingan. Materi pelajaran dan sumber materi harus bisa dioptimalkan untuk mencapai tujuan tersebut.

    4. -Grammar Translation Method (GTM)
    translate atau alih bahasa yang digunakan untuk mengajarkan kosakata. Guru akan mengajarkan materi tentang tata bahasa menggunakan rumus, kemudian menggunakan alih bahasa ketika memberikan pengajaran membaca, menulis, serta kosakata dalam bahasa Inggris.
    -Total Physical Response
    Metode ini berdasarkan pada prinsip cara belajar anak saat masa
    pertamany. Dalam proses pemerolehan bahasa pertama, anak-anak mendengarkan
    banyak bahasa suara sebelum mencoba untuk berbicara. Dalam proses ini, anak
    hanya mengikuti perintah. Dia mendengarkan bahasa dalam bentuk perintah
    orangtua.
    -Snowball Throwing
    Guru menyampaikan materi Reading text kemudian Guru membentuk kelompok-kelompok dan ketuanya. Kemudian masing-masing siswa anggota kelompok diberikan satu lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan yang berkaitan dengan informasi terdapat dalamreading text. Kemudian kertas lembar kerja tersebut dibuat seperti bola dan dilemparkan dari satu kelompok ke kelompok yang lain. Setelah masing masing kelompok mendapat satu bola/satu pertanyaan, mereka harus menjawabnya. dan yang terakhir guru memberikan evaluasinya
















    BalasHapus
  14. Mirna Safira_20211111038

    1. Kegiatan guru dalam pengembangan profesi guru:
    - Mengadakan penelitian dibidang pendidikan bahasa Inggris
    - Menemukan teknologi tepat guna dibidang pendidikan bahasa Inggris
    - Mengikuti pengembangan kurikulum

    2. Peranan Guru, diantaranya:
    - Guru sebagai organisator: artinya guru sebagai pengorganisasi terhadap siswa dan lingkungan kelas.
    - Guru sebagai motivator: artinya guru sebagai pemberi motivasi terhadap siswanya.
    - Guru sebagai informator: artinya guru sebagai penyedia dan pemberi informasi kepada siswanya.

    3. Kompetensi pedagogik yang harus dimiliki seorang guru merupakan penguasaan dan pemahaman karakter serta identifikasi potensi dan kesulitan belajar siswa.

    4. Metode pembelajaran dalam mengajar bahasa Inggris:
    - Metode Grammar Translation: mengenalkan struktur bahasa melalui tulisan dan gambar
    - Metode Audio-lingual: pemahaman kata dan frasa melalui suara
    - Metode Direct Tutoring: akses interaktif untuk berkomunikasi secara langsung antara guru dan siswa

    BalasHapus
  15. Nama : Aulia Nur Fitriayanti
    NIM. : 20201111048

    1. Pengembangan profesi adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi dan keterampilan. Macam-macam kegiatan guru yang termasuk kegiatan pengembangan pengembangan profesi adalah:
    a.) Mengadakan penelitian dibidang pendidikan bahasa inggris.
    b.) Menemukan teknologi tepat guna dibidang pendidikan bahasa inggris.
    c.) Membuat alat pelajaran/peraga atau bimbingan,
    d.) Menciptakan karya tulis,
    e.) Mengikuti pengembangan kurikulum.

    2. . * Guru Sebagai Fasilitator
    Sebagai fasilitator, guru mamberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar-mengajar.
    * Guru Sebagai Mediator
    Sebagai mediator, guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan, karena media pendidikan merupakan alat komunikasi untuk lebih mengefektifkan proses belajar-mengajar.
    * Guru Sebagai Motivator
    Sebagai motivator, guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar semangat dan aktif belajar.
    * Guru Sebagai Inspirator
    Sebagai inspirator, guru harus memberikan inspirasi bagi kemajuan belajar peserta didik. Persoalan belajar adalah masalah utama anak didik, guru harus dapat memberikan petunjuk bagaimana cara belajar yang baik

    3. Kompetensi pedagogik yaitu menguasaidan memahami karakter serta mengidentifikasikan potensi dan kesulian belajar siswa. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru adalah memahami karakteristik murid, menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum dan melakukan evaluasi pembelajaran.

    4. Metode pembelajaran dalam mengajar bahasa inggris:
    a.) Metode grammar translation, mengharuskan pelajar memahami struktur bahasa dengan cara mendengarkan dan menulis materi.
    b.) Metode audio-lingual, memungkinkan pelajar untuk berkomunikasi dengan cepat melalui suara untuk memahami kata dan frasa
    c.) Metode direct tutoring, memberikan akses interaktif bagi pelajar untuk berkomunikasi dengan pengajar secara langsung sehingga pelajar didorong untuk komunikatif sealama masa belajar.

    BalasHapus
  16. Nama : Muhammad Rizwan
    Nim : 20201111040
    1. Pengembangan profesi adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi dan keterampilan. Macam-macam kegiatan guru yang termasuk kegiatan pengembangan pengembangan profesi adalah:
    a. mengadakan penelitian dibidang pendidikan bahasa inggris.
    b. menemukan teknologi tepat guna dibidang pendidikan bahasa inggris.
    c. membuat alat pelajaran/peraga atau bimbingan,
    d. menciptakan karya tulis,
    e. mengikuti pengembangan kurikulum.

    2. Ada beberapa peranan guru yaitu:
    a. guru sebagai fasilititator, sebagai fasilitator, guru diharuskan untuk dapat memfasilitasi peserta didik dalam proses belajar mengajar.
    b. guru sebagai inspirator, dalam peran ini guru diharuskan untuk menjadi role belajar di sekolah. Proses interaksi edukatif yang dilakukan guru harus relevan dengan perkembangan zaman yang telah memasuki era teknologi informasi.
    c. guru sebagai mediator, sebagai mediator, guru harus memahami bagaimana siswa berinteraksi dan merespon suatu keadaan.
    3. Kompetensi Sosial
    Merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

    4. Kompetensi Profesional
    Merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya.

    BalasHapus

  17. 1. Pengembangan profesi adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi dan keterampilan. Macam-macam kegiatan yang termasuk kegiatan pengembangan pengembangan profesi guru :

    a. mengadakan penelitian dibidang pendidikan bahasa inggris.
    b. menemukan teknologi tepat guna dibidang pendidikan bahasa inggris.
    c. membuat alat pelajaran/peraga atau bimbingan,
    d. menciptakan karya tulis,
    e. mengikuti pengembangan kurikulum.

    2. Ada tiga peranan guru :
    1. guru sebagai fasilititator, sebagai fasilitator, guru diharuskan untuk dapat memfasilitasi peserta didik dalam proses belajar mengajar.
    2. guru sebagai mediator, sebagai mediator, guru harus memahami bagaimana siswa berinteraksi dan merespon suatu keadaan.
    3. Terakhir, guru sebagai inspirator, dalam peran ini guru diharuskan untuk menjadi role belajar di sekolah. Proses interaksi edukatif yang dilakukan guru harus relevan dengan perkembangan zaman yang telah memasuki era teknologi informasi.

    3. Kompetensi pedagogik adalah menguasai dan memahami karakter serta mengidentifikasikan potensi dan kesulian belajar siswa. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru yaitu memahami karakteristik murid, menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum serta melakukan evaluasi pembelajaran.

    4. a. metode grammar translation, mengharuskan pelajar memahami struktur bahasa dengan cara mendengarkan dan menulis materi.
    b. metode audio-lingual, memungkinkan pelajar untuk berkomunikasi dengan cepat melalui suara untuk memahami kata dan frasa
    c. metode direct tutoring, memberikan akses interaktif bagi pelajar untuk berkomunikasi dengan pengajar secara langsung sehingga pelajar didorong untuk komunikatif sealama masa belajar.

    BalasHapus
  18. Aghnia Jihan Savira Anjani_20201111037

    1. Pelatihan/workshop, seminar, dll. (Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan mutu guru agar lebih professional dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya.)
    2. Guru berperan dalam banyak halyaitu sebagai mediator, fasilitator, inspirator, evaluator, dll.
    3. Kompetensi pedagogic yang harus dimiliki seorang guru ialah: pemahaman guru terhadap murid, merancang dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar, dan mengembengkan potensi yang dimiliki peserta didik.
    4. Grammar translation(dalam mengajarkan grammar perlu membangun atmosfer belajar yang menrik, maka dari itu mengajarkan grammar bisa dengan game), audio lingual(metode pengajaran dengan audio juga menarik. Murid-murid bisa kita putarkan lagu atau ejaan dalam Bahasa inggir), direct tutoring(pembelajran ini induktif yang mana murid bisa bertanya kepada gurunya jika tidak atau belum paham tentang materi pelajarannya. Dan murid bisa lebih kreatif.)

    BalasHapus
  19. Selain empat kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru. Menurut anda kemampuan / kompetensi khusus apa yang wajib dikuasai oleh seorang guru bahasa Inggris? Apakah seorang guru bahasa Inggris harus menguasai 4 skill berbahasa (speaking, reading, writing, listening)? apakah sebaiknya guru bahasa Inggris selalu menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dan mengajar murid muridnya? berikan pendapat anda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fadiya rosa -20201111050-
      Here is the questions:
      Selain empat kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru. Menurut anda kemampuan / kompetensi khusus apa yang wajib dikuasai oleh seorang guru bahasa Inggris? Apakah seorang guru bahasa Inggris harus menguasai 4 skill berbahasa (speaking, reading, writing, listening)? apakah sebaiknya guru bahasa Inggris selalu menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dan mengajar murid muridnya? berikan pendapat anda!
      Jawab : Kompetensi khusus yang wajib dikuasai oleh seorang guru ialah kemampuan dalam mengajar. Karena ketika guru bisa mengajarkan sebuah materi dengan baik dan benar yaitu materi bisa diterima oleh murid dan mudah untuk diikuti. Sehingga dalam hal ini ilmu yang diajarkan lebih berkesan dan mudah diingat. Apakah guru bahasa inggris harus menguasai 4 skil jawabannya benar karena dalam proses belajar mengajar 4 skill ini harus ada dan berurutan listening, speaking, reading, writing. Apakah guru bahasa inggris harus mengajarkan sesuatu harus menggunakan bahasa inggris, Jawaban iya dan apa yang diucapkan harus sesuai dengan konteks yang mau dipelajari intinya agar murid mudah memahami. Dan berikan media media penunjang seperti gambar atau benda-benda..

      Hapus
    2. Menurut saya kompetensi khusus yang perlu dimiliki oleh guru bahasa Inggris salah satunya adalah kemampuan dalam mencontohkan cara pronunce suatu kata dengan benar atau dengan memberikan sumber asli (native) berupa audio/video untuk bahan pembelajaran. Karena sudah menjadi tanggung jawab guru untuk memberi contoh yang benar agar siswa tidak terbiasa berbicara dengan pronunciation yang salah.

      Ya guru seharusnya menguasai keempat skill berbahasa, karena keempat skill tersebut saling berkaitan. Sama-sama penting. Tetapi dalam proses pelaksanaan pembelajaran, mungkin ada guru yang kurang di skill tertentu. Namun ada juga guru yang memang berbakat di semua skill.

      Menurut saya perlu menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Agar siswa terbiasa mendengar dan dapat merespon menggunakan bahasa Inggris. Tetapi untuk mengajar, menurut saya lebih baik tidak menggunakan murni bahasa Inggris. Dengan (50:50) atau (75:25), karena dikhawatirkan siswa kurang memahami materi jika penjelasan menggunakan full bahasa Inggris.

      Hapus
    3. Mirna Safira_20211111038

      Menurut saya, 4 kompetensi yang wajib dimiliki oleh guru, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian sudah mencakup keseluruhan yang dibutuhkan oleh guru. Namun, sebagai seorang guru bahasa Inggris juga memiliki kewajiban untuk memiliki penguasaan terhadap 4 skills berbahasa (speaking, reading, writing, listening) karena yang terpenting dalam pengajaran bahasa adalah skills tersebut.

      Selain itu, menurut saya, sebaiknya guru menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dan mengajar murid agar murid terbiasa dalam mendengar vocab dan terbiasa mendengar struktur kalimat yang baik dan benar. Namun, boleh juga diselingi dengan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi dan mengajar murid sehingga murid semakin paham.

      Hapus
    4. Aghnia Jihan Savira Anjani_20201111037

      Menurut saya, seorang guru Bahasa inggris baiknya menguasai 4 skill tersebut dan baiknya guru Bahasa inggris Ketika mengajar juga menggunakan Bahasa inggris sehingga kemampuan listening dan grammar murid terasah. Hal tersebut juga memicu meningkatkan ke empat skill para murid

      Hapus
    5. Nama : Silviana
      NIM : 20201111033

      Penguasaan keadaan dalam kelas juga termasuk hal yg harus dimiliki seorang guru bahasa Inggris, dan untuk 4 skill berbahasa Inggris memang seharusnya perlu dimiliki. Selain untuk membuat diri kita terus mengasah kemampuan juga untuk membuat seorang guru merasa bahwa dia benar benar menjadi guru yang telah layak. Meskipun itu juga bukanlan faktor utama. Untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam kelas juga diperlukan, karena jika dilakukan akan membuat murid terbiasa dan merasa tidak asing dengan bahasa Inggris jika diucapkan. Dn membuat mereka semakin belajar dan mengasah kemampuan berbicara dan memahami dalam Bahasa Inggris.

      Hapus
    6. Sudah jelas titelnya "Guru Bahasa Inggris", maka wajib hukumnya untuk memiliki kemampuan speaking, reading, writing, dan listening yang di atas rata-rata. Karena guru memilik tanggung jawab untuk mengajarkan ilmu yang benar dengan memberikan contoh yang benar juga.

      Sedangkan mengenai apakah wajib guru menggunakan bahasa Inggris ketika mengajar, maka jawabannya adalah tergantung siapa yang diajar. Mengapa demikian? Karena tidak mungkin bagi seorang guru untuk menggunakan bahasa yang tidak dipahami muridnya. Tidak hanya berbicara dengan bahasa Inggris, namun hendaknya dibarengi dengan media-media lain seperti translation atau penunjang lain yang memudahkan murid untuk mencerna perkataan guru.

      Rinciannya, mengajar anak TK dan SD hendaknya menggunakan grammar dan vocabulary di masa itu juga, yaitu bahasa Inggris sehari-hari. Begitu pula dengan SMP, SMA, dst.

      Hapus
  20. Menurut saya, guru bahasa Inggris harus menguasai skill berbahasa tersebut, karena bahasa bukan saja membaca dan menulis melainkan juga mendengar dan berbicara,, juga guru bahasa Inggris harus menggunakan bahasa Inggris ketika mengajar murid nya, tapi juga ada yg saya lihat guru bahasa Inggris yg tidak sebagian menggunakan bahasa Inggris dan juga sebagiannya bahasa Indonesia, mungkin karena guru itu mengetahui kemampuan bahasa Inggris muridnya, sehingga dia harus menyiapkan atau memikirkan cara yg terbaik untuk mengajar muridnya

    BalasHapus
  21. Annisa Aulia Urohmah / 20201111010

    1. a. mengadakan penelitian dibidang pendidikan bahasa inggris
    b. Menemukan teknologi tepat guna dibidang pendidikan bahasa inggris
    c. Membuat alat pelajaran/peraga atau bimbingan.
    d. Menciptakan karya tulis.
    e. Mengikuti pengembangan kurikulum.
    2. a. Guru sebagai organisator.
    b. Guru sebagai demonstran cek.
    c. Guru sebagai pengelola kelas.
    d. Guru sebagai fasilitator.
    e. Guru sebagai mediator guru sebagai motivator.
    f. Guru sebagai inspirator.
    g. Guru sebagai informator.
    h. Guru sebagai inisiator.
    I. Guru sebagai kulminator.
    j. Guru sebagai evaluator.
    3. a Pelatihan PKG (pusat kegiatan guru).
    b. Pelatihan KKG (kelompok kerja guru).
    c. Pelatihan MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran).
    4. a Metode Grammar Translation.
    contohnya mendengarkan video bersuara inggris atau bersubtitle inggris.
    b. Metode Audio Lingual. Contohnya berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.
    c. Metode Direct Tutoring.
    contohnya saat pembelajaran di kelas seperti biasa menggunakan bahasa inggris.

    BalasHapus
  22. 1. Guru dapat mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan mutu profesi, seperti: Mengadakan penelitian, menciptakan karya tulis, dan mengikuti pengembangan kurikulum.

    2. Guru memiliki banyak peran baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, yaitu sebagai Organizer, Inspirator, Informant, Mediator, dan Facilitator.

    3. Kompetensi Pedagogi yang wajib dimiliki guru adalah kemampuan untuk mengatur, merancang, dan menguasai kegiatan mengajar, kemampuan berkomunikasi dengan baik, kemampuan untuk mengeluarkan potensi anak didik secara maksimal, kemampuan untuk mengetahui karakteristik masing-masing anak didik, mengembangkan kurikulum dan mengevaluasi kegiatan mengajar.

    4. - Grammar Translation Method, yaitu pembelajaran grammar dan kosakata dengan menggunakan rumus dan mengartikan kalimat secara berulang.
    - Audio Lingual Method, yaitu berfokus pada mempelajari tata bahasa tertentu, seperti mendengarkan dialog seseorang membahas tentang sesuatu dan menggunakan grammar tertentu.

    BalasHapus
  23. Maaf, no offense, pembahasan utama materi minggu ini sebenarnya pengembangan profesi guru bahasa Inggris (Hanya satu slide) atau hanya menjelaskan ulang pengertian guru, peran guru, dan 4 kompetensi dasar guru yang telah dijelaskan oleh kelompok-kelompok sebelumnya?

    BalasHapus

Posting Komentar