Kompetensi Pedagogi Guru

https://youtu.be/OWR6IjpLwJs































 

Komentar

  1. 1. Menurut saya kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan guru dalam :
    - Menguasai karakter perkembangan siswa
    - Menguasai teori dan model pembelajaran
    - Mengembangkan kurikulum terkait dengan mata pelajaran yang diampu
    - Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mendidik.

    2. Fungsi : Memberikan prediksi tertentu mengenai apa saja yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan siswa.
    Tujuan : Memahami jati diri, agar siswa mampu memahami dan menjalani kehidupannya di masa datang serta dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.
    Manfaat : Guru dapat memahami karakteristik siswa

    3. Akibat dari guru yang tidak memahami karakteristik siswa adalah guru akan memandang semua siswa memiliki kemampuan yang sama, bahkan bisa saja guru akan menilai siswa tidak pintar jika tidak menguasai mata pelajaran yang diampunya. Padahal bisa saja siswa tersebut memiliki kemampuan di bidang lain.

    4. Untuk menjalin komunikasi dua arah dengan siswa dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapat atau kesempatan untuk bertanya. Jadi tidak selalu guru yang aktif menjelaskan dalam suatu pembelajaran.

    5. Menurut saya, aspek pedagogik yang sesuai untuk guru TK adalah :
    - Menguasai karakteristik siswa dari segala aspek
    - Menguasai teori belajar dan menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
    - Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan siswa
    - Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran siswa.

    BalasHapus
  2. Nama : Aulia Nur Fitriayanti
    NIM. : 20201111048

    1. kompetensi pedagogik mencakup kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, serta pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
    - Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
    -Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
    -Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
    - Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
    - Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
    -Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
    -Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
    - Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
    - Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
    - Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

    2. Fungsi : mengontrol atau mengendalikan situasi dan kondisi agar proses pendidikan anak sesuai dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri.

    Tujuan : Mengembangkan kepribadian, agar anak dapat menjadi seseorang yang berkepribadian baik sehingga dapat menghadapi kehidupannya kelak.

    Manfaat : Menjadi tolak ukur keberhasilan seorang tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas dalam pendidikan.

    3. Guru perlu menyikapi hal ini dengan baik, salah mengenali karakter dari peserta didik akan menghambat proses belajar mengajar. Bisa jadi peserta didik akan menjadi malas, tidak memperhatikan, atau bahkan tidak mengerjakan tugas apabila sang guru tidak mampu memahami karakter siswa tersebut.

    4. Untuk menjalin suatu komunikasi dua arah dengan peserta didik dapat melakukan sebuah kuis yang dimana guru menanyakan kepada peserta didik, sedangkan peserta didik yang menjawab pertanyaan tersebut. Agar terlihat saling aktif antara guru dan peserta didik.

    5.* Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
    *Penguasaan terhadap teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
    *Mampu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
    *Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.

    BalasHapus
  3. 1. Menurut saya kompetensi pedagogi merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Diantaranya ialah :
    - Menguasai karakteristik peserta didik
    - Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
    - Pengembangan kurikulum
    - Kegiatan pembelajaran yang mendidik
    2. Fungsi : mengontrol atau mengendalikan situasi dan kondisi agar proses Pendidikan anak sesuai dengan tujuan dari Pendidikan itu sendiri.
    Tujuan : memanusiakan manusia, maksudnya adalah menciptakan seorang manusia yang dewasa sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan mandiri dan Bahagia.
    Manfaat : guru dapat memahami mengenai karakter, sifat, daya pikir, pengembangan psikis dan fisik para peserta didik.
    3. Dalam sebuah kelas bisa jadi ada berbagai karakteristik peserta didik dari mulai yang paling menyenangkan hingga yang paling tidak disenangi oleh orang banyak. Hal ini adalah sesuatu yang alamiah karena peserta didik datang dari berbagai macam lingkungan dan dengan berbagai macam pengalaman yang telah dilalui sehingga membentuk karakter dirinya. Guru perlu menyikapi hal ini dengan baik, salah mengenali karakter dari peserta didik akan menghambat proses belajar mengajar. Bisa jadi peserta didik akan menjadi malas, tidak memperhatikan, atau bahkan tidak mengerjakan tugas apabila sang guru tidak mampu memahami karakter siswa tersebut.
    4. Guru dapat mengajak siswa untuk aktif berpikir dengan bertanya ‘kenapa’ atau ‘bagaimana’. Tugas atau project juga dapat didiskusikan bersama siswa, melibatkan siswa dalam menentukan tugas yang akan dibuat, termasuk ketua kelompoknya, merupakan bentuk komunikasi dua arah yang berjalan baik.
    5. Menurut saya :
    - Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran.
    - menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spriritual, social kultural, emosional, dan intelektual.
    - berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.

    BalasHapus
  4. 1.Apa pengertian kompetensi pedagogi Guru menurut pemahaman anda
    Jawab:
    - kemampunan yang dimiliki oleh seorang guru untuk mengontrol atau mengajak anak didik untuk ikut serta dalam pembelajaran yang dibuat dan Karakteristik para peserta didik. Dari informasi mengenai karakteristik peserta didik, guru harus bisa menyesuaikan diri untuk membantu pembelajaran pada tiap-tiap peserta didik. Karakteristik yang perlu dilihat meliputi aspek intelektual, emosional, sosial, moral, fisik, dll.
    - Pembelajaran yang mendidik. Guru tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran, namun juga melakukan pendampingan. Materi pelajaran dan sumber materi harus bisa dioptimalkan untuk mencapai tujuan tersebut.
    2.sebutkan masing-masing 1 fungsi, tujuan dan manfaat kompetenai pedagogi guru
    Jawab:
    Fungsi : - Memberikan prediksi tertentu mengenai apa saja yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan anak
    Tujuan : - Melatih keberanian, agar anak memiliki keberanian dalam bertanya dan mencari jawaban dari pertanyaanya tersebut
    Manfaat:- Membantu para tenaga pengajar dalam meminimalisir kesalahan praktik karena telah memahami teori pendidikan
    3.Apa yang terjadi jika seorang guru tidak memahami perbedaan karakteristik seorang anak
    Jawab:
    -hal tersebut akan menghambat jalannya proses belajar mengajar bisa jadi nantinya peserta didik akan menjai malas tidak memperhatikan bahkan tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan ini efek dr ketidak tahuan guru akan karakter peserta didik
    -ilmu yang diberikan tidak akan tersampaikan dengan baik
    -anak akan menjadi passif
    -anak akan cenderung asik dengan dirinya sendiri dimana tidak mendengarkan apa yang dijelaskan guru
    4.Bagaimana cara menjalin komunikasi dua arah dengan peserta didik
    Jawab:
    -memberikan pertanyaan yang terbuka untuk peserta didik hasi dr pembelajaran yang diberikan dan memberikan feedback
    -membentuk klp dimana hal ini akan melatih tingkat komunikasi antar siswa dan tingkat keberanian siswa dalam mengungkapkan argument yang dimiliki
    -ketika peserta didik mengajukan pertanyaan guru harus merespon secara langsung dengan tepat dan benar
    5.Menurut anda, aspek pedagogi manakah yang wajib dimiliki oleh guru tk
    Jawab:
    - Menguasai teori dan prinsip pembelajaran
    -Adanya komunikasi dua arah dengan baik
    -Mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi
    -Dapat membentuk suasana kelas yang tidak membosankan

    BalasHapus
  5. Selamat Pagi semuanya,
    Menurut anda aspek apa dalam kompetensi pedagogi, yang paling penting dimiliki oleh seorang guru? Jelaskan bagaimana aspek tersebut penting dalam profesi seorang guru? dan beri contoh konkrit dalam pelaksanaan pendidikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya ada 7 aspek dalam kompetensi Pedagogi yang harus dikuasai, yaitu:
      • Karakteristik para peserta didik.
      Dari informasi mengenai karakteristik peserta didik, guru harus bisa menyesuaikan diri untuk membantu pembelajaran pada tiap-tiap peserta didik. Karakteristik yang perlu dilihat meliputi aspek intelektual, emosional, sosial, moral, fisik, dll.

      • Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik.
      Guru harus bisa menerangkan teori pelajaran secara jelas pada peserta didik. Menggunakan pendekatan tertentu dengan menerapkan strategi, teknik atau metode yang kreatif.

      • Pengembangan kurikulum.
      Guru harus bisa menyusun silabus dan RPP sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan. Mengembangkan kurikulum mengacu pada relevansi, efisiensi, efektivitas, kontinuitas, integritas, dan fleksibilitas.

      • Pembelajaran yang mendidik.
      Guru tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran, namun juga melakukan pendampingan. Materi pelajaran dan sumber materi harus bisa dioptimalkan untuk mencapai tujuan tersebut.

      • Pengembangan potensi para peserta didik.
      Setiap peserta didik memiliki potensi yang berbeda-beda. Guru harus mampu menganalisis hal tersebut dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai, supaya setiap peserta didik bisa mengaktualisasikan potensinya.

      • Cara berkomunikasi.
      Sebagai guru harus bisa berkomunikasi dengan efektif saat menyampaikan pengajaran. Guru juga harus berkomunikasi dengan santun dan penuh empati pada peserta didik.

      • Penilaian dan evaluasi belajar.
      Penilaiannya meliputi hasil dan proses belajar. Dilakukan secara berkesinambungan. Evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran juga harus bisa dilakukan.

      Hapus
    2. Komunikasi dua arah berperan penting sebagai sarana Guru untuk mengetahui sudut pandang dan perasaan siswa. Bahkan, siswa dapat menyampaikan apa yang ingin diketahui dan dipelajarinya melalui komunikasi yang baik dengan Gurunya.
      Guru Pintar dapat memulai dengan bertanya tentang pendapat siswa, misalnya. Alih-alih menjelaskan, Guru dapat mengajak siswa untuk aktif berpikir dengan bertanya 'kenapa' atau 'bagaimana.'
      Tugas atau project juga dapat didiskusikan bersama siswa. Melibatkan siswa dalam menentukan tugas yang akan dibuat, termasuk ketua kelompoknya, merupakan bentuk komunikasi dua arah yang berjalan baik.
      Cara mengelola kelas dengan karakteristik siswa yang berbeda adalah dengan memahami setiap karakteristik yang ada. Akan tetapi, komunikasi dua arah yang baik mampu menentukan pemahaman karakteristik siswa tersebut akan dibawa ke mana.

      Hapus
    3. Aulia Nur Fitriayanti-20201111048

      Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mendidik. Karena kalau kita menyelenggarakan pembelajaran yang tidak mendidik apa yang didapat dari peserta didik tersebut sebuah sesuatu yang negatif.
      Contoh : Seorang guru mendidik dengan cara kekerasan maka yang di dapat seorang peserta didik sebuah tekanan tekanan.

      Hapus
    4. menurut saya setiap kopetensi itu memiliki kelebihan masing masing dan penting, contohnya seperti kopentensi guru yang pertama yaitu guru menguasai karakterisitik peserta didik dari aspek fisik, sosial, moral, spiritual, kultural, emotional, dan intelektual. dari kopetensi ini guru bisa menbak dengan kemungkinan yang lebih besar seperti apa seorang anak dimasa depanya. dari kopetensi lain pun begitu, memilliki kelebihan, misalnya dari kopetensi 10 : meningkatkan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dari ini kita bisa mengetahui dengan meningkatkan reflektif pembelajran pasti bertimbal balik dengan peningkatan peserta didik mulai dari sikap, intelekttual, maupun spirititual. contohnya seperti seorang guru yang bertanya tentang cita cita seorang peserta didik, setelahitu peserta pasti menjawab dengan alasan yang memungkinkan dia bisa menggapai cita cita itu dan memegang itu sebagai motivasinya.

      Hapus
    5. Berkomunikasi. Dengan komunikasi yang lancer antara guru dan muridnya maka kewajiban dan hak siswa pun tyerpenuhi.

      Hapus
    6. mungkin jika diminta memilih aspek kemampuan yang harus lebih dulu di miliki adalah komunikasi dan pengembangan kurikulum, karena yang harus di jalin terlebih dahulu adala komunikasi yang baik dan bisa saling memahami, dan dapat mengembangakan kurikulum agar sesuai dengan lingkungan dan media ajar yaitu siswa atau kelas.

      Hapus
    7. Menurut saya aspek paling penting yang dimiliki guru dalam kompetensi pedagogik adalah memahami teori dan model pembelajaran. Karena dengan memahami teori dan model pembelajaran guru secara otomatis akan mengerti bagaimana cara mengajar anak yang memiliki kepribadian A maupun yang memiliki kepribadian B. Serta dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan menarik.

      Hapus
  6. Elfira Triana Damayanti / 20201111041

    1. Dari yang saya pahami, kompetensi pedagogik adalah kemampuan atau keterampilan guru mengelola proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik. Terdapat 7 aspek dalam kompetensi pedagogik yang wajib dikuasai, yaitu:

    • Karakteristik para peserta didik
    • Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik
    • Pengembangan kurikulum
    • Pembelajaran yang mendidik
    • Pengembangan potensi para peserta didik
    • Cara berkomunikasi
    • Penilaian dan evaluasi belajar

    2. - Fungsi : Menyatupadukan temuan hasil studi karena pada dasarnya suatu ilmu adalah suatu sistem pengetahuan yang teratur.
    - Tujuan : Memanusiakan manusia, maksudnya adalah menciptakan seorang manusia yang dewasa sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan mandiri dan bahagia.
    - Manfaat : Guru dapat memahami karakter, sifat, daya pikir, perkembangan psikis dan fisik para peserta didik.

    3. Apabila seorang guru tidak memahami karakteristik dari setiap siswanya maka akan terjadi kesenjangan pada perhatian yang seharusnya seorang guru berikan kepada muridnya, guru yang seperti itu akan cenderung pilih kasih kepada siswanya, tak hanya itu hal tersebut juga bisa menyebabkan siswa tidak nyaman saat melakukan pembelajaran dengan gurunya, sehingga terjadilah penurunan semangat belajar dan juga motivasi belajar pada murid karena dia merasa ditiadakan kehadirannya.

    4. Pola komunikasi dua arah dimana telah terjadi interaksi antara guru dan murid. Jadi tidak hanya guru yang dituntut aktif menyampaikan pesan, namun ada pula peran aktif murid dalam memberi reaksi atau umpan balik dari apa yang disampaikan guru. Misalnya, peran aktif murid dalam bertanya ataupun memberi masukan kepada guru. Sehingga akan terbentuknya keaktifan murid yang membuat kreatifitasnya semakin terasah dan ada lebih banyak lagi wawasan yang akan didapatkan murid.

    5. Menurut saya aspek pedagogik yang harus dimiliki seorang guru TK adalah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Karena anak seusia anak TK membutuhkan lebih banyak pemahaman seorang guru tentang teori belajar murid. Kesulitan mengajar anak TK juga menjadi titik fokus seorang guru, jadi tidak boleh sembarangan mengajar anak seusia mereka, banyak hal hal yang harus dipelajari bahwa pengajaran anak kecil jauh lebih sulit daripada mengajar anak anak remaja, maka dari itu sangat dibutuhkan pemahaman seorang guru tentang teori belajar terkhusus untuk anak TK.

    BalasHapus


  7. 1. Kompetensi padagogi adalah kompetensi khas untuk membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan dan hasil proses pembelajaran peserta didik.

    2. Tujuan :
    - memanusiakan manusia , maksutnya adalah menciptakan manusia yang dewasa sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan mandiri dan bahagia.

    - memahami jati diri, memiliki hidup yang bermakna

    - melatih keberanian, agar anak memiliki keberanian dalam bertanya, megungkapn pendapat dll

    - mengembangkan kepribadian, menjadi seorang yang lebih baik sehingga dapat meghadapi kehidupannya kelak

    Manfaat

    - Guru dapat memahami karakteristik, sifat, daya pikir, perkembangan spikis, dan fisik peserta didik
    - Memahami dan menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
    - Menjadi tolak ukur keberhasilan pengajar

    3. Bisa jadi peserta didik akan menjadi malas dan tidak meperhatikan pengajar dan seringnya peserta didik tidak akan mengerjakan tugas
    4. memberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara mendidik yang baik dengan melibatkan siswa langsung dalam proses pembelajaran, dimana tidak hanya guru saja yang dominan di dalam kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung, namun juga melibatkan siswa.
    5. Menurut saya pengajar lebih mengetahui karakter peserta didik, dan memberikan pembelajaran seperti kognitif atau bisa motorik, dan meningkatkan membangun rasa percaya diri kepada peserta didik.

    BalasHapus
  8. Selamat Pagi semuanya,
    Menurut anda aspek apa dalam kompetensi pedagogi, yang paling penting dimiliki oleh seorang guru? Jelaskan bagaimana aspek tersebut penting dalam profesi seorang guru? dan beri contoh konkrit dalam pelaksanaan pendidikan.

    Jawab : menurut saya ialah aspek pengetahuan, penyampain materi, kepekaan.. ketiga aspek ini penting sekali unutk dimiliki oleh guru dimana untuk aspek pengetahuan guru diharuskan unutk memahami materi yang disampaikan dan tidak hanya materi yang di milikinya namun juga materi atau ilmu-ilmu lain guru setidaknya tahu dan mengerti walaupun tidak secara mendalam, dalam aspek pengetahuan ini penting unutk dimiliki guru karena apa ang disampaikan guru akan diingat oleh peserta didik dan sangat penting dalam menyampaikan keterangan ilmu yang benar dan jelas . dan untuk. Dan kedua ialah aspek penyampain materi hal ini juga sangat penting yang harus dikuasai oleh guru dimana ssebenar apapun materi yang dijelaskan namun penyampaian ilmu yang diberikan menggunakan bahasa yang tidak muda dipahami ya pada nantinya ilmu tersebut tidak akan tersalurkan. Dan yang terkhir ialah konsep peka guru harus memiliki tingkat kepekaan yang tinggi dimana guru harus tau setiap karakteristik siswanya sehingga hal ini dapat mempermudah guru dalam mengetahui apakah si anak dalam kondisi siap unutk menerima ilmu dan juga guru bisa tahu media apa yang cocok untuk anak didiknya..

    BalasHapus

  9. 1. Menurut saya kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan guru dalam :
    - Menguasai karakter perkembangan siswa
    - Menguasai teori dan model pembelajaran
    - Mengembangkan kurikulum terkait dengan mata pelajaran yang diampu
    - Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mendidik.

    2. Fungsi : Memberikan prediksi tertentu mengenai apa saja yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan siswa.
    Tujuan : Memahami jati diri, agar siswa mampu memahami dan menjalani kehidupannya di masa datang serta dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.
    Manfaat : Guru dapat memahami karakteristik siswa


    3. Guru harus menyikapi permasalahan ini dengan baik, karena jika guru tidak tahu terkait karakter dari peserta didik bisa

    menghambat proses belajar mengajar. Bisa jadi peserta didik akan menjadi malas, tidak memperhatikan, atau bahkan tidak mengerjakan tugas apabila sang guru tidak mampu memahami karakter siswa tersebut.

    4. Memberikan sebuah masalah ataupun pertanyaan yg haris di pecahkan oleh siswa, dan guru nantinya akan memberikan feedback kepada peserta didik.

    5. Membuat suasana kelas yg baik, adanya komunikasih antara guru dan siswa

    BalasHapus
  10. 1. Kompetensi pedagogi guru adalah ilmu untuk memahami, mendidik dan mengembangkan kompetensi peserta didik serta mengevaluasi hasil pembelajaran.

    2. Fungsi: Memberikan prediksi tertentu mengenai apa saja yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan anak.
    Tujuan: Mengembangkan kepribadian, agar anak dapat menjadi seseorang yang berkepribadian baik sehingga dapat menghadapi kehidupannya kelak.
    Manfaat: Menjadi tolak ukur keberhasilan seorang tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas dalam pendidikan.

    3. Jika guru tidak dapat memahami karakteristik siswa akan membuat pembelajaran tidak berjalan efesien, karena guru tidak dapat memetakan siswa yang kesulitan dalam memahami pelajaran. Jadinya guru tidak dapat memberikan solusi terhadap masalah yang dialami siswa tersebut.

    4. - Memberikan pertanyaan dan menanggapi tanpa harus menginterupsi.
    - Memberikan pembelajaran secara tim.
    - Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengajukan pertanyaan dan guru langsung menanggapi pertanyaannya.

    5. - Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
    - Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
    - Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Daffa Rafif / 20201111046

    1. Kompetensi pedagogi guru merupakan suatu ciri khas tertentu yang harus dimiliki seorang guru dalam rangka mengelola peserta didiknya. Kompetensi ini wajib dimiliki untuk membantu meningkatkan level keberhasilan muridnya agar dapat meraih nilai semaksimal mungkin. Kompetensi pedagogi guru ini dapat dikatakan sebagai tolak ukur keberhasilan seorang tenaga pengajar dalam melaksanakan tugasnya untuk mencetak generasi muda yang memiliki kelebihan dalam berbagai bidang.
    2. - Fungsi: mengontrol atau mengendalikan situasi dan kondisi agar proses pendidikan anak sesuai dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri
    - Tujuan: Mengembangkan kepribadian, agar anak dapat menjadi seseorang yang berkepribadian baik sehingga dapat menghadapi kehidupannya kelak
    - Manfaat: Manfaat pedagogi pada guru ialah membantu para tenaga pengajar dalam meminimalisir kesalahan praktik karena telah memahami teori pendidikan
    3. Alhasil guru akan mengajar semua murid dengan metode yang sama, ia akan memukul rata tanpa mempertimbangkan kesanggupan mereka masing-masing. Hal tersebut akan berdampak fatal terhadap tingkat pemahaman setiap insan yang berbeda-beda. Akan timbul peserta didik yang tertinggal begitu saja lantaran tidak mampu menyesuaikan diri dengan cara mengajar sang guru.
    4. Sebaiknya guru tidak hanya menerangkan materi yang sedang dibahas sendirian. Guru harus memberikan kesempatan kepada muridnya untuk bersuara dan beropini. Metode ini mampu menjalin hubungan yang erat antara sang guru dan muridnya serta membuat murid lebih gampang untuk memahami materi yang telah diajarkan.
    5. Sebenarnya guru TK harus memiliki segala aspek pedagogi diatas, namun yang paling penting adalah guru TK harus memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Misalnya bila disuatu kelas ada anak yang suka menyanyi, guru bisa memberi panggung untuk anak tersebut agar menyanyi di depan teman-temannya. Hal tersebut bukan hanya sekedar bernilai hiburan semata, namun hal tersebut bisa menjadi pupuk agar kedepannya dia tidak malu-malu untuk menunjukkan bakat atau hobi yang ia miliki di depan publik.

    BalasHapus
  13. Nama : Eva Nur Ainy
    NIM : 20211111037

    1. Kemampuan guru dalam memahami situasi di kelas sehingga dapat membuat keputusan bagaimana cara pengajaran yang interaktif dengan siswa

    2. Fungsi : Seiring dengan tujuan dari pendidikan fungsi pedagogi guru berperan untuk mengendalikan situasi agar tercapainya tujuan pendidikan melalui proses pendidikan anak


    Tujuan : menciptakan keberanian siswa, daya pikir, dan siswa diharapkan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam menjalankan kehidupannya

    Manfaat : Guru dapat memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif siswa dan guru dapat memahami perkembangan kepribadian siswa dan merefleksikannya dalam proses pembelajaran.

    3. Lemahnya komunikasi dalam kelas membuat pengajar mengalami kesusahan dalam mengelola kelas. Kesenjangan perhatian sehingga pemahaman siswa tidak merata. Siswa juga akan merasa tidak nyaman sehingga menghambat jalannya pembelajaan. Hal ini juga akan menjadikan siswa malu bertanya hingga terkesan pasif.

    4. Partisipasi siswa dalam kelas bukan semata-mata karena faktor intelegensinya, tetapi bagaimana guru berusaha memahami diri siswa. Peran guru sangat berpengaruh dalam membentuk partisipasi siswa dalam pembelajaran di kelas. Perilaku guru, tanggapan-tanggapan guru atas pertanyaan siswa, sikap, dan cara menanggapi jawaban siswa akan menumbuhkan pola komunikasi tersendiri bagi interaksi antara siswa dan guru di kelas. contohnya Pelajar tidak dapat berdiskusi dengan sesama temannya, keduanya hanya dapat saling memberi dan menerima karena komunikasi ini membuat kegiatan guru dan siswa relative sama.

    5. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan
    intelektual.

    BalasHapus
  14. Nama : Aulya Dhini Istighfaroh
    NIM: 20201111032

    1. kompetensi pendagogi adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik,kompetensi khas yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya,dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses pembelajaran dari peserta didik.
    2. Fungsi : menyatupadukan temuan hasil studi karena pada dasarnya suatu ilmu adalah suatu sistem pengetahuan yang teratur
    - Tujuan : melatih keberanian,agar anak memiliki keberanian dalam bertanya dan mencari jawaban dari pertanyaan tersebut
    - Manfaat: guru dapat menahami mengenai karakter,sifat,daya pikir,perkembangan psikis dan fisik para peserta didik
    3. Apabila guru tidak memahami karakteristik siswa maka akan berpengaruh dalam proses belajar,siswa juga akan merasa tidak bersemangat dan tidak mempunyai gairah untuk belajar karena guru tidak mengerti apa yang siswa inginkan.
    4. Dengan cara tanya jawab atau memberi kesempatan siswa untuk berpendapat,lalu guru bisa merespon maka akan terjadi komunikasi dua arah dengan baik.
    5. - Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik,moral,spiritual,sosial,kultural,emosional dan intelektual
    - memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki

    BalasHapus
  15. Nama : Mas Dewi Fatimatus Zahra
    NIM : 20201111045

    1. kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik. meliputi pemahaman terhadap
    peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar,
    dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasi ragam potensi yang
    dimilikinya.
    2. fungsi : Mengontrol atau mengendalikan situasi dan kondisi agar proses pendidikan anak sesuai dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri guna mengembangkan suatu temuan untuk menghasilkan study yg baru
    tujuan : mengembangkan kepribadian, agar anak dapat menjadi manusia berkpribadian baik sehingga dapat menghadapi kehidupannya kelak.
    manfaat : Ada beberapa manfaat yang diperoleh guru maupun siswa dengan adanya kompetensi pedagogik, yaitu guru dapat memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif siswa dan guru dapat memahami perkembangan kepribadian siswa dan merefleksikannya dalam proses pembelajaran. Sedangkan siswa dapat terpenuhi rasa ingin tahunya. Siswa memiliki keberanian berpendapat dan kemampuan menyelesaikan masalah serta merasa lebih nyaman dalam kegiatan belajarnya.

    Selain itu, jika guru dapat memahami perkembangan kepribadian siswa dan memanfaankannya maka siswa memiliki kepribadian yang mantap dan memiliki rasa percaya diri dan siswa mudah beradaptasi.
    3. - tidak bisa mengelolah kelas dengan efektif
    - materi yg tersampaikan tidak maksimal
    - tidak dapat membantu siswa dalam menyelesaikan suatu masalah
    4. Guru dapat memulai dengan bertanya tentang pendapat siswa, misalnya. Alih-alih menjelaskan, Guru dapat mengajak siswa untuk aktif berpikir dengan bertanya 'kenapa' atau 'bagaimana.'
    5. untuk anak anak guru wajib memiliki informasi mengenai karakteristik peserta didik, kemudian memahami cara berkomunikasi dengan santun dan penuh empati pada peserta didik untuk dapat menentukan pendekatan tertentu dengan menerapkan strategi, teknik atau metode yang kreatif agar siswa bisa merespon pembelajaran.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. 1. Menurut saya, pengertian kompetensi pedagogi guru adalah kemampuan yang dimiliki guru dalam mengelola proses pembelajaran.
    2. * Fungsi dari pedagoi guru, pedagogi dapat berfungsi untuk melanjutkan atau mengembangkan suatu penemuan yang lalu sehingga bisa menghasilkan temuan-temuan baru.
    * Tujuan dari pedagogi guru, memanusiakan manusia, maksudnya adalah menciptakan seorang manusia yang dewasa sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan mandiri dan bahagia.
    * Manfaat dari pedagogi guru, menjadi tolak ukur keberhasilan seorang tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas dalam pendidikan.
    3. yang terjadi adalah akan menghambat proses belajar mengajar. Bisa jadi peserta didik akan menjadi malas, tidak memperhatikan, atau bahkan tidak mengerjakan tugas apabila sang guru tidak mampu memahami karakter siswa tersebut.
    4. cara menjalinnya dengan terbuka dengan peserta didik, mengawali komuinikasi sebelum pembelajaran, dan membiarkan peserta didik berpendapat.
    5. Aspek yang wajb dimiliki guru TK yaitu, menguasai wawasan ilmu pendidikan untuk mengembangkan potensi anak, memiliki integritas diri yang tinggi sebagai pendidik anak, memiliki kepedulian sosial terhadap peserta didik dan masyarakat.

    BalasHapus
  18. Nama : Silviana
    NIM : 20201111033

    1. Dari yang saya pahami guru memiliki Kompetensi khas untuk menentukan keberhasilan dalam mengajar. Guru adalah orang yang akan membimbing bagaimana menyampaikan dan juga mengarahkan peserta didik.

    2. Fungsi : mengontrol situasi belajar agar tercapai tujuan belajar dengan baik
    Tujuan : memanusiakan manusia, memahami jati diri, Melatih keberanian, mengembangkan kepribadian
    Manfaat : membantu memahami karakteristik peserta didik, memahami dalam menentukan arah pembelajaran.

    3. Guru akan sulit mengendalikan situasi, sulit untuk mengarahkan anak didik dengan baik, dan juga akan sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang seharusnya.

    4. Yang pertama adalah dengan memahami bagaimana peserta didik itu, bagaimana karakternya dan bagaimana pola pikirnya. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menjalin komunikasi dengan baik.

    5. Mnguasai karakteristik peserta didik, menguasai penyampaian materi dengan baik agar asyik dan menarik, Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik baik dengan sikap maupun ucapan agar peserta didik meniru yang baik, dan Melakukan tindakan reflektif

    BalasHapus
  19. LYDIA OKTAVIANTI/20201111043
    1. Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.
    2. Fungsi : Mengontrol atau mengendalikan situasi dan kondisi agar proses pendidikan anak sesuai dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri.
    Tujuan : Melatih Keberanian, agar anak memiliki keberanian dalam bertanya dan mencari jawaban dari pertanyaannya tersebut.
    Manfaat : Menjadi tolak ukur keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan tugas dalam pendidikan.
    3. Jika guru tidak memahami karakter setiap siswa, kegiatan pembelajaran akan terhambat dan tidak efisien.
    4. Guru dapat memulai dengan bertanya tentang pendapat siswa, misalnya. Alih-alih menjelaskan, Guru dapat mengajak siswa untuk aktif berpikir dengan bertanya 'kenapa' atau 'bagaimana.' Tugas atau project juga dapat didiskusikan bersama siswa. Melibatkan siswa dalam menentukan tugas yang akan dibuat, termasuk ketua kelompoknya, merupakan bentuk komunikasi dua arah yang berjalan baik.
    5. Menguasai teori dan tujuan pembelajaran, Adanya komunikasi dua arah dengan baik, Mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi, menciptakan suasana kelas yang seru dan tidak membosankan, mempunyai sikap dan tutur kata yang baik karena pada masa anak - anak ibarat menulis diatas kertas kosong (apa yang kita perbuat dan ucapkan anak - anak cenderung akan menirunya.

    BalasHapus
  20. Aghnia Jihan S.A_20201111037
    1. Menurut saya, kompetensi pedagogi adalah kemempuan yang dimiliki seorang guru untuk mengeluarkan/memaksimalkan potensi muridnya dan membimbingnya untuk memahami pembelajaran.
    2. Menyatupadukan temuan hasil studi, mengembangkan kepribadian anak, membantu para tenaga pengajar dalam memahami dan menentukan tujuan arah pembelajaran yang ingin di capai.
    3. Apabila seorang guru tidak memahami perbedaan karakteristik anak didik maka metode pebelajaran nyg digunakan seorang guru untuk mengajar anaka tersebut kurang tepat.
    4. Bisa dengan saling tanya jawab dengan murid, shingga tak terjadi kesenjangan anatara guru dan murid.
    5. Berkomunikasi secara efektif, empati, dan santun dengan peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yangn mendidik.

    BalasHapus
  21. 1. Menurut saya kompetensi pedagogi guru adalah kompetensi khas yang di emban seorang guru sehingga menjadi tolak ukur proses dan hasil pembelajaran siswa didiknya.

    2. Fungsi: memberikan prediksi tertentu mengenai apa saja yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan anak.
    Tujuan: Melatih keberanian agar anak mempunyain keberanian dalam bertanya dan mencari jawaban dari pertanyaan tersebut.
    Manfaat: Menjadi tolak ukur keberhasilan seorang tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas dalam pendidikan.

    3. Proses belajar mengajar menjadi kurang efektif dan kompetensi yang ada pada anak didik menjadi tidak maksimal.

    4. Guru mengajak peserta didik berkomunikasi lalu peserta didik memberi tanggapan.

    5. -Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
    - Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

    BalasHapus
  22. Mirna Safira
    151811813051

    1. Kompetensi Pedagogi Guru adalah kompetensi atau kemampuan yang khas dimiliki guru dalam mengelola pembelajaran guna keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didiknya.

    2. Kompetensi Pedagogi Guru salah satunya memiliki fungsi mengontrol situasi dan kondisi agar proses pendidikan anak sesuai dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri; tujuan yaitu mengembangkan kepribadian; manfaat bagi guru yaitu membantu para tenaga pengajar dalam memahami dan menentukan tujuan arah pembelajaran yang ingin dicapai, sedangkan manfaat bagi siswa yaitu timbulnya kemampuan dan keberanian dalam memberikan pendapat dan menyelesaikan masalah. ​

    3. Jika seseorang guru tidak memahami karakteristik anak didiknya, maka guru akan susah dalam membimbing dan mengelola pembelajaran karena hakikatnya setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda. Akibatnya keberhasilan proses dan hasil belajar akan sulit tercapai.

    4. Cara menjalin komunikasi dua arah dengan peserta didik adalah dengan melakukan pendekatan melalui komunikasi interaktif di setiap saat pembelajaran.

    5. Menurut saya, aspek pedagogi yang wajib dimiliki oleh seorang guru TK adalah menguasai karakteristik peserta didik baik aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosion, dan intelektual serta memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik umtuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

    BalasHapus
  23. Mirna Safira
    20211111038

    1. Kompetensi Pedagogi Guru adalah kompetensi atau kemampuan yang khas dimiliki guru dalam mengelola pembelajaran guna keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didiknya.

    2. Kompetensi Pedagogi Guru salah satunya memiliki fungsi mengontrol situasi dan kondisi agar proses pendidikan anak sesuai dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri; tujuan yaitu mengembangkan kepribadian; manfaat bagi guru yaitu membantu para tenaga pengajar dalam memahami dan menentukan tujuan arah pembelajaran yang ingin dicapai, sedangkan manfaat bagi siswa yaitu timbulnya kemampuan dan keberanian dalam memberikan pendapat dan menyelesaikan masalah. ​

    3. Jika seseorang guru tidak memahami karakteristik anak didiknya, maka guru akan susah dalam membimbing dan mengelola pembelajaran karena hakikatnya setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda. Akibatnya keberhasilan proses dan hasil belajar akan sulit tercapai.

    4. Cara menjalin komunikasi dua arah dengan peserta didik adalah dengan melakukan pendekatan melalui komunikasi interaktif di setiap saat pembelajaran.

    5. Menurut saya, aspek pedagogi yang wajib dimiliki oleh seorang guru TK adalah menguasai karakteristik peserta didik baik aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosion, dan intelektual serta memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik umtuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

    BalasHapus
  24. Nadia Prihatini Gaffar 20201111023

    1. Kompetensi Pedagogik guru menurut sepemahaman saya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Di dalam kompetensi ini guru harus memiliki kemampuan dalam mengenal karakteristik murid, menggunakan teori dalam pembelajaran, mengembangkan potensi murid atau peserta didik, dan mampu menilai dan memberi evaluasi dengan baik dan benar.
    2. Fungsi Pedagogik adalah untuk mendapatkan hasil studi yang satu padu dan teratur. Tujuannya agar peserta didik menjadi manusia yang dewasa sehingga peserta didik dapat menjalani kehidupannya secara mandiri. Manfaat dari pedagogik adalah guru dapat memahami sifat, karakter, daya pikir, dan perkembangan psikis maupun fisik para peserta didik.
    3. Yang terjadi jika guru tidak memahami karakter peserta didik adalah, guru tidak dapat mengontrol pembelajaran dan juga sikap peserta didik.

    BalasHapus
  25. Nabillah shabirah
    20201111047

    Kompetensi peendagogik guru menurut saya ialah Memahami peserta didik secara mendalam yang meliputi memahami peserta didik dengan memamfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, prinsip-prinsip kepribadian, dan mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.
    Merancang pembelajaran,teermasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran yang meliputi memahmi landasan pendidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
    Melaksanakan pembelajaran yang meliputi menata latar ( setting) pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
    Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan denga berbagai metode,menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level), dan memamfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
    Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik, dan memfasilitasipeserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.

    BalasHapus
  26. Nama : Annisa harum paramudhita
    NIM. : 20201111053

    1. kompetensi pedagogik mencakup kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, serta pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
    - Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
    -Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
    -Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
    - Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
    - Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
    -Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
    -Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
    - Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
    - Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
    - Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

    2. - Fungsi : mengontrol atau mengendalikan situasi dan kondisi agar proses pendidikan anak sesuai dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri.
    - Tujuan : Mengembangkan kepribadian, agar anak dapat menjadi seseorang yang berkepribadian baik sehingga dapat menghadapi kehidupannya kelak.

    Manfaat : Menjadi tolak ukur keberhasilan seorang tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas dalam pendidikan.

    3. Tentunya dapat menghambat jalannya proses belajar mengajar bisa jadi nantinya peserta didik akan menjai malas tidak memperhatikan bahkan tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan ini efek dr ketidak tahuan guru akan karakter peserta didik. Alhasil ilmu yang diberikan tidak akan tersampaikan dengan baik serta anak didik akan menjadi passif dalam belajar.

    4. menggunakan metode kognitif agar menciptakan interaksi antara guru dan murid seperti tanya jawab, game dalam pelajaran, dan lain-lain yang berhubungan dengan kegiatan mengajar.

    5. - Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran.
    - berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.
    - menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spriritual, social kultural, emosional, dan intelektual.
    - Mampu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.

    BalasHapus

  27. 1. Kompetensi pedagogik mencakup kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, serta pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

    2. - Fungsi : Menyatupadukan temuan hasil studi karena pada dasarnya suatu ilmu adalah suatu sistem pengetahuan yang teratur.
    - Tujuan : Memanusiakan manusia, maksudnya adalah menciptakan seorang manusia yang dewasa sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan mandiri dan bahagia.
    - Manfaat : Guru dapat memahami karakter, sifat, daya pikir, perkembangan psikis dan fisik para peserta didik.

    3. Guru akan sulit mengendalikan situasi, sulit untuk mengarahkan anak didik dengan baik, dan juga akan sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang seharusnya.

    4. Pola komunikasi dua arah dimana telah terjadi interaksi antara guru dan murid. Jadi tidak hanya guru yang dituntut aktif menyampaikan pesan, namun ada pula peran aktif murid dalam memberi reaksi atau umpan balik dari apa yang disampaikan guru. Misalnya, peran aktif murid dalam bertanya ataupun memberi masukan kepada guru. Sehingga akan terbentuknya keaktifan murid yang membuat kreatifitasnya semakin terasah dan ada lebih banyak lagi wawasan yang akan didapatkan murid.

    5. Menguasai teori dan tujuan pembelajaran, Adanya komunikasi dua arah dengan baik, Mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi, menciptakan suasana kelas yang seru dan tidak membosankan, mempunyai sikap dan tutur kata yang baik karena pada masa anak - anak ibarat menulis diatas kertas kosong (apa yang kita perbuat dan ucapkan anak - anak cenderung akan menirunya.

    BalasHapus
  28. Faikarraja Muzakki
    20201111025

    1.Apa pengertian kompetensi pedagogi Guru menurut pemahaman anda
    Jawab:
    - kemampunan yang dimiliki oleh seorang guru untuk mengontrol atau mengajak anak didik untuk ikut serta dalam pembelajaran yang dibuat dan Karakteristik para peserta didik. Dari informasi mengenai karakteristik peserta didik, guru harus bisa menyesuaikan diri untuk membantu pembelajaran pada tiap-tiap peserta didik. Karakteristik yang perlu dilihat meliputi aspek intelektual, emosional, sosial, moral, fisik, dll.
    - Pembelajaran yang mendidik. Guru tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran, namun juga melakukan pendampingan. Materi pelajaran dan sumber materi harus bisa dioptimalkan untuk mencapai tujuan tersebut.
    2.sebutkan masing-masing 1 fungsi, tujuan dan manfaat kompetenai pedagogi guru
    Jawab:
    Fungsi : - Memberikan prediksi tertentu mengenai apa saja yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan anak
    Tujuan : - Melatih keberanian, agar anak memiliki keberanian dalam bertanya dan mencari jawaban dari pertanyaanya tersebut
    Manfaat:- Membantu para tenaga pengajar dalam meminimalisir kesalahan praktik karena telah memahami teori pendidikan
    3.Apa yang terjadi jika seorang guru tidak memahami perbedaan karakteristik seorang anak
    Jawab:
    -hal tersebut akan menghambat jalannya proses belajar mengajar bisa jadi nantinya peserta didik akan menjai malas tidak memperhatikan bahkan tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan ini efek dr ketidak tahuan guru akan karakter peserta didik
    -ilmu yang diberikan tidak akan tersampaikan dengan baik
    -anak akan menjadi passif
    -anak akan cenderung asik dengan dirinya sendiri dimana tidak mendengarkan apa yang dijelaskan guru
    4.Bagaimana cara menjalin komunikasi dua arah dengan peserta didik
    Jawab:
    -memberikan pertanyaan yang terbuka untuk peserta didik hasi dr pembelajaran yang diberikan dan memberikan feedback
    -membentuk klp dimana hal ini akan melatih tingkat komunikasi antar siswa dan tingkat keberanian siswa dalam mengungkapkan argument yang dimiliki
    -ketika peserta didik mengajukan pertanyaan guru harus merespon secara langsung dengan tepat dan benar
    5.Menurut anda, aspek pedagogi manakah yang wajib dimiliki oleh guru tk
    Jawab:
    - Menguasai teori dan prinsip pembelajaran
    -Adanya komunikasi dua arah dengan baik
    -Mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi

    BalasHapus
  29. Nama : Nabila Puri Cantika
    Nim : 20201111031

    Dalam aspek peagogi hal utama yg harus dimiliki guru adalah interaction kepada pelajar menjalin pendekatan kepada murid hal itu Mebutuhkan karakteristik dalam aspek ini :

    1. Kompetensi Pedagogi Guru adalah kompetensi atau kemampuan yang khas dimiliki guru dalam mengelola pembelajaran guna keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didiknya.

    2. Kompetensi Pedagogi Guru salah satunya memiliki fungsi mengontrol situasi dan kondisi agar proses pendidikan anak sesuai dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri; tujuan yaitu mengembangkan kepribadian; manfaat bagi guru yaitu membantu para tenaga pengajar dalam memahami dan menentukan tujuan arah pembelajaran yang ingin dicapai, sedangkan manfaat bagi siswa yaitu timbulnya kemampuan dan keberanian dalam memberikan pendapat dan menyelesaikan masalah. ​

    3. Jika seseorang guru tidak memahami karakteristik anak didiknya, maka guru akan susah dalam membimbing dan mengelola pembelajaran karena hakikatnya setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda. Akibatnya keberhasilan proses dan hasil belajar akan sulit tercapai.

    4. Cara menjalin komunikasi dua arah dengan peserta didik adalah dengan melakukan pendekatan melalui komunikasi interaktif di setiap saat pembelajaran.

    5. Menurut saya, aspek pedagogi yang wajib dimiliki oleh seorang guru TK adalah menguasai karakteristik peserta didik baik aspek fjisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosion, dan intelektual serta memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik umtuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

    BalasHapus
  30. Nama : Fahmi Adlisulthani
    NIM : 20201111024

    1. Menurut saya kompetensi padagogi adalah kompetensi khas untuk membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan dan hasil proses pembelajaran peserta didik.
    2.
    Fungsi : Memberikan prediksi tertentu mengenai apa saja yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan siswa.
    Tujuan : Memahami jati diri, agar siswa mampu memahami dan menjalani kehidupannya di masa datang serta dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.
    Manfaat : Guru dapat memahami karakteristik siswa.
    3. Guru sebagai pengajar sebaiknya dapat menyikapi permasalahan ini dengan tepat, karena jika guru tidak tahu terkait karakter dari peserta didik bisa
    menghambat proses belajar mengajar. Ada kemungkinan hal tersebut bisa membuat peserta didik menjadi malas dan tidak meperhatikan pengajar dan seringnya peserta didik tidak akan mengerjakan tugas.
    4. Partisipasi siswa dalam kelas bukan semata-mata karena faktor intelegensinya, tetapi bagaimana guru berusaha memahami diri siswa. Peran guru sangat berpengaruh dalam membentuk partisipasi siswa dalam pembelajaran di kelas.
    5. Menurut saya pengajar harus lebih mengetahui karakter peserta didik, dan memberikan pembelajaran seperti kognitif atau bisa motorik, dan meningkatkan membangun rasa percaya diri kepada peserta didik agar mereka dapat lebih baik dalam menjalani kegiatan belajar.

    BalasHapus

Posting Komentar