• Setelah menyimak dari penjelasan yang ada, ada beberapa perbedaan guru abad 21 dengan masa sebelumnya seperti cara mengajar yang lebih informal, pembelajaran yang tidak hanya fokus pada buku-buku paket melainkan melalui berbagai macam sumber. Dan menerapkan self motivated learning. • Menurut saya perubahan sistem pembelajaran di masa selanjutnya kemungkinan besar terjadi. Karena seiring dengan berkembangnya zaman, manusia pasti akan selalu berpikir untuk meningkatkan sistem pembelajaran agar dapat beradaptasi sesuai dengan zamannya.
1. Setelah menyimak pembahasan tadi. Bagaimanaenurut kalian perbedaan guru diabad 21 dengan masa sebelumnya Jawab: perbedaan yang paling terlihat ialah pola pengajarannya dimana pada masa sebelumnya guru merupakan sosok yang jika mengajar harus 100 persen ilmu yang diajarkan harus dari buku yg dimiliki dan ketika penilaian pun jawaban yang diberikan sisiwa harus sesuai dengan jawaban buku tersebut jadi siswa tidak memiliki kesempatan untuk menjelaskan pendapat dari mereka sendiri berdasarkan pengetahuan yang mereka dapat selain disekolah. Dan yang lainya mengenai pola belajar, bedanya dengan zama dulu dan pembelajaran abad 21 ini pada zaman dulu pola belajar harus formal dimana siswa hanya mendengarkan guru dengan baik dan dalam model pola belajar ini bisa kita sebut berceramah karena hanya guru yang sibuk menjelaskan sementara sisiwa disuruh diam dan mendengarkan. Dari yang dipaparkan diayas bahwa pola pembelajaran zaman dulu lemah dalam critical thinking fan communication (khususnya pada sisi murid).. Sementara pembelajaran abad 21 lebih creative karena banyak menggunakan media-media pendukun pembelajaran seperti power point dll, dan yang kedua comminication dimana sisiwa dalam abad 21 ini diajak untuk lebih banyak bertanya berkomunikasi serta berpendapat, dan selanjutnya ialah critical thinking dimana dalam abad ke 21 guru tjdak berpatok lagi hanya pada buku yang ia pegang karena dalam hal belajar siswa bisa mendapatkan ilmu dari mana saja dan dalam hal ini guru hanya sebagai pemberi fasilitas dan mengarahkan, dan untuk yang terakhir ialah collaboration dimana guru dalam hal ini mengajak siswa untuk ikut andil dalam menyukseskan prses belajar mengajar dimana seperti guru membentuk kelompok agar siswa bsa saling bertukar ilmu bersama kelompoknya dan hal ini bisa mengajarkan siswa untuk bekerjasama dengan baik 2. Lalu apakah sistem pembelajaran dimasa berikutnya akan mengalami perubahan? Coba jelaskan dari sudut pandang kalian. Jawab: Saya rasa bisa saja dan memungkinkan karena semakin pesatnya perkembangan teknologi maka bisa jadi pola pembelajaran juga ikut berubah seperti dalam hal pembelajaran 100 persen menggunakan media elektronik dan seluruh data disimpan berbasis online.
1. setelah menyimak dari pembahasan tadi, perbedaan nya adalah guru di abad ke 21 tidak hanya terpacu pada buku/paket-paket. belajarnya pun sudah secara mandiri. tidak seperti dahulu yang guru harus mendikte siswa. banyak cara belajar dan banyak sumber, seperti dari internet.
1. dapat disimpulkan bahwa perbedaan pembelajaran abad 20 dengan abad 21 adalah proses pembelajaran yang berbeda yaitu pada abad 20 lebih berpusat pada guru, pengajaran langsung dan lebih fokus pada materi sedangkan abad 21 lebih berpusat pada siswa, pengajaran interaktif 2. Kemungkinan besar iya, karena sebelum dimulainya tahun ajaran baru, guru, kepala sekolah, orangtua, dan siswa perlu berdiskusi bersama untuk mengevaluasi pelaksanaan belajar dari rumah atau sudah pergi ke sekolh. Terutama untuk menentukan, hal-hal apa yang harus dilanjutkan, dan apa yang harus diubah.
1. Abad 21 ditandai sebagai abad keterbukaan atau abad globalisasi, yang artinya kehidupan manusia pada abad ke-21 mengalami perubahan-perubahan yang fundamental yang berbeda dengan tata kehidupan dalam abad sebelumnya. Abad 21 ditandai dengan berkembangannya teknologi informasi yang sangat pesat serta perkembangan otomasi dimana banyak pekerjaan yang sifatnya pekerjaan rutin dan berulang-ulang mulai digantikan dengan mesin, baik mesin produksi maupun mesin komputer. Memasuki abad 21 kemajuan teknologi tersebut telah memasuki berbagai sendi kehidupan, tidak terkecuali dibidang pendidikan. Pendidik dan peserta didik dituntut memiliki kemampuan belajar mengajar di abad 21 ini. 2. tentu, karna di lihat dari yang pernah kita baca tentang sejarah perubahan dunia pendidikan Indonesia dari masa ke masa, artinya setiap masa sangat mempengaruhi revolusi. kita tidak bisa maju dan beradaptasi kalau tidak mengikuti arus perubahan.
Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu hal yang mudah menuju hal yang sulit. Mungkin kedepannya anak anak bisa lebih berfikir kritis dan lebih bisa menguasai teknologi
1. Perbedaan guru diabad 21 dan dimasa lampau memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Dengan kata lain, pada abad 21 pembelajaran tidak lagi bergantung pada buku-buku dan paket seperti masa lampau. Pada abad 21 ini kita (guru & murid) dapat melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, Contohnya seperti: mendapatkan informasi dari youtube / internet
2. Menurut saya, sistem pembelajaran di masa yang akan datang akan mengalami perubahan yang sangat pesat. Dengan mengikuti teknologi yang ada maka kami (guru & murid) pasti akan mengikuti perkembangan zaman juga. Atau dapat dikatakan, tidak mungkin kita bertahan pada sistem pendidikan yang begini-begini saja, pastinya kita menyeimbangkan sistem pendidikan dengan laju teknologi yang ada.
#Perbedaan antara abad 21 dan sebelumnya adalah mulai dari metode dan juga materi yang diajarkan lebih luas dan tidak hanya terpaku pada 1 sumber saja. Selain itu dengan 4C dan keleluasaan siswa dalam belajar secara mandiri dan juga bukan hanya tentang materi saja tapi juga pengembangan skill lain membuat siswa semakin terpacu untuk mengembangkan potensi mereka. #Menurut saya zaman semakin berkembang, tentu saja dimasa yang akan datang juga akan mengalami perubahan di semua aspek termasuk pendidikan. Eran semakin digital dan kuas serta global sehingga membuat ilmu pengetahuan semakin terbuka. Tentu saja dengan itu membuat pembelajaran juga akan mengalami perkembangan dan perubahan.
1. Menurut pendapat saya, perbedaan guru di abad 21 dengan abad sebelumnya yaitu terletak pada karakteristik, seperti pembelajaran tidak terpaku pada paket-paket, lebih informal, beragamnya platform2 digital pendidikan guna untuk mengakses berbagai sumber, pengajaran dilakukan secara induktif dan murid dituntut untuk menerapkan self motivated learning. Sementara pada abad-abad sebelumnya kemajuan teknologi tidak sepesat sekarang. Maka dari itu, guru pada abad 21 dan sebelumnya itu sangat jauh berbeda, dipengaruhi oleh berkembangnya teknologi dan jaman. 2. Menurut saya, dengan melihat sistem pembelajaran dimasa sekarang dan dulu itu jauh berbeda, perkembangan nya juga sangat pesat. Maka sangat memungkinkan dimasa yang akan datang sistem pembelajaran juga bisa berubah seiring berjalannya waktu. Tergantung kondisi kita dimasa depan bagaimana.
Menurut saya, perbedaan antara masa ini dan masa lalu tidak terlalu jauh, sekarang guru mampu merefleksikan pengetahuannya kepada murid, begitu pun dengan yang dulu, bedanya hanya pada cara guru menyampaikan, kalau dulu guru mentransfer ilmunya dengan menjadukan dirinya sevagai sumber ilmu, sedangkan sekarang guru mentransfer ilmunya dengan menjadikan dirinya sebagai jembatan antara sumber (internet) dengan murid, tapi tidak menafikan guru sebagai pengajar murid.
Kalau menurut saya, tentunya akan berubah, karena yg kita ketahui pasti adalah, yg dulu dan sekarang aja berbeda apalagi yg sekarang dengan yg akan datang.
Salah satu kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru adalah penguasaan teknologi dalam pembelajaran. Menurut anda bagaimana kesiapan dan kompetensi teknologi yang dimiliki guru guru saat ini? berdasarkan pengalaman anda sebagai seorang siswa, apakah guru anda sering memanfaatkan teknologi dalam pengajaran?
Berdasarkan pengalaman saya di masa SMA, penggunaan teknologi ketika kegiatan belajar mengajar masih sangat minim. Pola belajar yang deduktif, terpacu pada buku ajar, monoton, dan minim diskusi saat itu masih saya rasakan, meskipun tidak semuanya begitu.
Menurut pengalaman saya masih ada guru guru yang kurang mengetahui sebuah teknologi saat ini, karena masih berpacu dalam buku-buku seperti buku paket, buku LKS, dll. Karna masih ketertinggalan dengan zaman yang makin maju saat ini
Perkembangan dunia Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK), sangat berpengaruh di berbagai lini, khususnya jalur pendidikan. Jadi mau tidak mau, kita semua harus mengikuti perkembangan zaman. Dalam jalur pendidikan, pembelajaran saat ini dan bahkan masa depan tentu berbeda dengan masa lalu. Ciri-ciri pembelajaran di abad 21 adalah sebagai berikut: - belajar tidak lagi terbatas pada paket tertentu - pola belajar yang lebih informal - ada proses belajar mandiri - banyak sumber belajar - menerapkan 4 C (Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis, dan Komunikasi) - Penerapan TPACK (Teknologi, Konten Pedagogis, Pengetahuan)
1. Menurut saya, perbedaan guru di abad 21 dengan masa sebelumnya adalah guru pada zaman dahulu saat pembelajaran hanya berpatokan pada buku dan cara mengajarnya dengan sistem deduktif. Berbeda dengan guru pada abad 21, mereka menggunakan cara mengajar induktif dan sarana pembelajarannya pun bervariasi tidak hanya berpatokan pada buku.
2. Sistem pembelajaran di masa berikutnya akan mengalami perubahan dikarenakan mengikuti perubahan zaman yang ada, seperti pemanfaatan teknologi pada pembelajaran.
1. Guru di abad 21 membutuhkan kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, profesional, dan pedagogik. Dimana seorang guru mampu memprediksi bagaimana cara dia mentransfer ilmu kepada peserta didik karena peserta didik memiliki kemampuan masing-masing. Pada abada 21, Guru juga dituntut untuk memiliki kreativitas dan inovasi dalam fungsinya.
2. Tentunya akan mengalami perubahan karena ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus berkembang. Belum lagi saat ini sudah banyak digencarkan mandiri dalam belajar. Maka guru juga diharapkan selalu memiliki inovasi dan meluruskan apa-apa informasi yang diperoleh peserta didik melalui kemandiriannya. Dengan begitu logika peserta didik tidak mengalami kekeliruann
1. Perbedaan guru abad 20 dan 21 terletak pada pembelajarannya. Pada abad 20 guru ini lebih berfokus dengan pengajaran langsung dan pada materi. Sedangkan pada abad 21 lebih berpusat pada siswa dengan pengajaran yang interaktif dan penguasaan terhadap teknologi. Pembelajaran abad 20 dan 21 terjadi pergeseran masif karena adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 2. Menurut saya, iya sistem pembelajaran dimasa berikutnya akan berubah, karena zaman akan berubah dan teknologipun akan menyesuaikan dengan zaman. Hal ini sesuai dengan tuntutan dunia masa depan di mana sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
- Perbedaan guru pada abad 21 dengan masa sebelumnya sangatlah signifikan. Mulai dari materi pembelajaran yang selalu update dengan pengetahuan terkini, hingga metode pembelajaran yang terus di perbaharui sesuai dengan karakteristik peserta didik jaman sekarang. Dari segi materi, guru harus berpacu dengan zaman dalam rangka mengembangkan keilmuannya terkait ilmu-ilmu terbaru. Disamping ilmunya akan efektif bila diterapkan pada jaman tersebut, hal ini juga sangat diperlukan agar guru memahami pola pikir sang murid sehingga tidak ada celah di antara mereka. Dan dari segi metode pembelajaran, guru harus tahu bagaimana cara menyampaikan materi dengan seefektif mungkin. Seperti halnya teknologi yang ada pada saat ini, guru dapat menjadikan teknologi sebagai salah satu alat pembelajaran untuk menjembatani proses belajar mengajar, dan oleh karena itu guru harus melek teknologi. Contohnya seperti menggunakan video youtube untuk menambah pemahaman murid, atau menggunakan power point dalam memaparkan materi pembelajaran. - Pada masa ke masa, sistem pembelajaran akan terus mengalami perubahan lantaran menyesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi. Karena sejatinya sistem pembelajaran terpengaruh oleh beberapa faktor external, seperti budaya, perkembangan teknologi, serta situasi dan kondisi. Misal, pandemi COVID-19 ini memaksa sistem pembelajaran di seluruh dunia untuk berganti dari offline ke online yang mana bertujuan untuk menghindari pertemuan tatap muka secara langsung.
1. Menurut opini saya, perbedaan yang terpampang pada guru di abad 21 dengan masa sebelumnya adalah guru pada zaman dahulu saat pembelajaran hanya berpatokan pada buku, tanpa sumber lain diluar itu dan cara mengajarnya yang masih menggunakan sistem ajar deduktif yang mana itu hanya sistem belajar satu arah yang berpusat pada pengajar. Ada lagi tentang tidak adanya kompetensi sosial. Berbeda dengan guru pada abad 21, mereka menggunakan cara mengajar induktif sehingga kelas tidak hanya berpusat pada guru saja namun peserta didik bisa lebih leluasa untuk berpendapat maupun bertanya, dan sarana pembelajarannya pun bervariasi selain dari buku yang dibagikan secara komersial, juga bisa menggunakan materi dari internet serta sumber lain.
2. Sistem pembelajaran yang terjadi di masa berikutnya akan mengalami pergantian. Itu disebabkan oleh adanya perubahan teknologi dan perkembangan zaman. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, mungkin saja bisa menghilangkan total buku pelajaran dan akan digantikan oleh hologram.
1. Menurut saya, perbedaan guru di abad 21 dengan masa sebelumnya adalah sumber pembelajaran lebih bervariasi, dituntut untuk mengaplikasikan critical thinking, dan adanya penerapan pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan perkembangan zaman.
2. Menurut saya, sistem pembelajaran akan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini terjadi karena karakter peserta didik yang akan selalu berkembang dengan begitu sistem atau cara pembelajarannya akan mengikuti dengan karakteristik peserta didik dan juga perkembangan teknologi yang pesat membuat sistem pembelajaran juga berkembang.
LYDIA OKTAVIANTI / 20201111043 1. Menurut saya, Guru pada abad 21 berpusat pada perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 yang mengedepankan pengetahuan sebagai tombak utama. Pola pemikiran abad 21 menekankan siswa agar lebih berfikir kritis, mampu mengintegrasikan segala ilmu dengan kehidupan nyata, memahami teknologi, dan informasi serta cakap dalam berkomunikasi dan berkolaborasi. Berbeda dengan guru pada masa sebelumnya, guru lebih aktif ketimbang muridnya. Sebelum abad 21 juga siswa menunggu perintah guru untuk belajar. Sehingga jika guru tidak memerintah, maka tidak belajar. 2. Pada masa ke masa, pembelajaran akan terus mengalami perubahan sesuai zamannya. Pendidikan yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, menuntut kurikulum pendidikan juga ikut berubah menyesuaikan keadaan zaman.
1. Menurut pandangan saya setelah menyimak perbedaan guru abad 21 dengan masa sebelumnya itu terlihat dari perkembangan zaman yang dimana semakin kesini zaman semakin canggih semakin maju dari teknologi yang pertama, yang dimana pembelajaran sekarang bisa lewat dari teknologi seperti laptop, hp, komputer, dll dan itu melalui aplikasi seperti zoom, Gmeet, WhatsApp, YouTube, dll. Sedangkan pada zaman sebelumnya itu blm sebegitu canggih dan masih menggunakan sesuatu yang manual yang masih bergantung pada buku-buku. Dan gurunya sendiri mau tidak mau harus belajar dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi agar tidak tertinggal, dan dengan menggunakan teknologi saat ini kita bisa memberikan materi dengan berbagai macam metode.
2. Menurut pandangan saya pada masa ke masa akan mengalami perubahan, hal ini terjadi dikarenakan semakin berkembangnya teknologi sehingga peserta didik dan guru harus bisa menyesuaikan diri dan mengikuti zaman yang semakin maju ini.
1. Perbedaan guru pada abad 21 dengan masa sebelumnya sangatlah berbeda. Pada abad 21 ini guru semakin terbuka dan fleksibel dalam pembelajaran. Banyak guru yang mengikuti perkembangan teknologi dan kreatif dalam menciptakan suasana belajar dikelas. Dengan banyaknya sumber belajar yang didapat, akan tercipta pelajar mandiri karena adanya motivasi yang pelajar dapat serta pola belajar yang dilakukan menjadi informal. Pola belajar informal ini guru semakin mudah merefleksasikan ilmunya kepada murid.
2. Menurut sudut pandang saya, dari masa ke masa tentu sistem pembelajaran akan berubah karena ada kemajuan teknologi di dunia dan seiring berkembangnya zaman, pola pikir guru semakin modern dan istilah "gaptek" akan memudar perlahan.
1. Perbedaan antara guru generasi sekarang dan generasi dahulu mencolok pada metode pembelajarannya. Guru zaman sekarang sudah mulai menerapkan pembelajaran induktif agar perhatiannya tidak terpusat pada guru saja, agar murid lebih aktif, saling berdiskusi, dan bertukar pikiran. Murid juga mulai diperbolehkan untuk memanfaatkan teknologi (dengan catatan diarahkan oleh guru), dengan tujuan mencari sumber-sumber materi di internet agar tidak hanya terpacu pada buku paket. Hal ini diterapkan oleh para guru agar meningkatkan kreativitas, critical thinking, komunikasi dan kolaborasi para siswa.
2. Sistem pembelajaran di masa depan pasti akan mengalami perubahan, jika pemerintahan dan tenaga pengajar mengeluarkan kebijakan atas perubahan tersebut, mendukung, dan menerapkan secara disiplin.
1. Guru pada abad 21 memiliki kecenderungan memberi ruang kebebasan kepada siswa untuk belajar dengan bebas, seperti menggunakan HP/Laptop dikarenakan zaman yang sudah modern ini menjadikan teknologi sebagai alat pembantu pembelajaran guru namun guru juga tetap memantau dan memberikan arahan kepada siswa. sedangkan pada masa sebelumnya guru hanya berfokus pada pembelajaran buku dan buku. 2. iya, seperti yang terjadi saat ini, sistem pembelajaran yang awalnya tatap muka dengan siswa, berbaris dan menata sepatu lalu masuk kelas kini tak lagi terjadi, kini hanya sekedar menggunakan HP/Laptop dengan aplikasi zoom, gmeet dan classroom siswa sudah bisa melakukan pembelajaran bersama guru.
• Setelah menyimak dari penjelasan yang ada, ada beberapa perbedaan guru abad 21 dengan masa sebelumnya seperti cara mengajar yang lebih informal, pembelajaran yang tidak hanya fokus pada buku-buku paket melainkan melalui berbagai macam sumber. Dan menerapkan self motivated learning.
BalasHapus• Menurut saya perubahan sistem pembelajaran di masa selanjutnya kemungkinan besar terjadi. Karena seiring dengan berkembangnya zaman, manusia pasti akan selalu berpikir untuk meningkatkan sistem pembelajaran agar dapat beradaptasi sesuai dengan zamannya.
1. Setelah menyimak pembahasan tadi. Bagaimanaenurut kalian perbedaan guru diabad 21 dengan masa sebelumnya
BalasHapusJawab: perbedaan yang paling terlihat ialah pola pengajarannya dimana pada masa sebelumnya guru merupakan sosok yang jika mengajar harus 100 persen ilmu yang diajarkan harus dari buku yg dimiliki dan ketika penilaian pun jawaban yang diberikan sisiwa harus sesuai dengan jawaban buku tersebut jadi siswa tidak memiliki kesempatan untuk menjelaskan pendapat dari mereka sendiri berdasarkan pengetahuan yang mereka dapat selain disekolah. Dan yang lainya mengenai pola belajar, bedanya dengan zama dulu dan pembelajaran abad 21 ini pada zaman dulu pola belajar harus formal dimana siswa hanya mendengarkan guru dengan baik dan dalam model pola belajar ini bisa kita sebut berceramah karena hanya guru yang sibuk menjelaskan sementara sisiwa disuruh diam dan mendengarkan. Dari yang dipaparkan diayas bahwa pola pembelajaran zaman dulu lemah dalam critical thinking fan communication (khususnya pada sisi murid).. Sementara pembelajaran abad 21 lebih creative karena banyak menggunakan media-media pendukun pembelajaran seperti power point dll, dan yang kedua comminication dimana sisiwa dalam abad 21 ini diajak untuk lebih banyak bertanya berkomunikasi serta berpendapat, dan selanjutnya ialah critical thinking dimana dalam abad ke 21 guru tjdak berpatok lagi hanya pada buku yang ia pegang karena dalam hal belajar siswa bisa mendapatkan ilmu dari mana saja dan dalam hal ini guru hanya sebagai pemberi fasilitas dan mengarahkan, dan untuk yang terakhir ialah collaboration dimana guru dalam hal ini mengajak siswa untuk ikut andil dalam menyukseskan prses belajar mengajar dimana seperti guru membentuk kelompok agar siswa bsa saling bertukar ilmu bersama kelompoknya dan hal ini bisa mengajarkan siswa untuk bekerjasama dengan baik
2. Lalu apakah sistem pembelajaran dimasa berikutnya akan mengalami perubahan? Coba jelaskan dari sudut pandang kalian.
Jawab: Saya rasa bisa saja dan memungkinkan karena semakin pesatnya perkembangan teknologi maka bisa jadi pola pembelajaran juga ikut berubah seperti dalam hal pembelajaran 100 persen menggunakan media elektronik dan seluruh data disimpan berbasis online.
1. setelah menyimak dari pembahasan tadi, perbedaan nya adalah guru di abad ke 21 tidak hanya terpacu pada buku/paket-paket. belajarnya pun sudah secara mandiri. tidak seperti dahulu yang guru harus mendikte siswa. banyak cara belajar dan banyak sumber, seperti dari internet.
BalasHapusMei Sukowati
BalasHapus1. dapat disimpulkan bahwa perbedaan pembelajaran abad 20 dengan abad 21 adalah proses pembelajaran yang berbeda yaitu pada abad 20 lebih berpusat pada guru, pengajaran langsung dan lebih fokus pada materi sedangkan abad 21 lebih berpusat pada siswa, pengajaran interaktif
2. Kemungkinan besar iya, karena sebelum dimulainya tahun ajaran baru, guru, kepala sekolah, orangtua, dan siswa perlu berdiskusi bersama untuk mengevaluasi pelaksanaan belajar dari rumah atau sudah pergi ke sekolh. Terutama untuk menentukan, hal-hal apa yang harus dilanjutkan, dan apa yang harus diubah.
1. Abad 21 ditandai sebagai abad keterbukaan atau abad globalisasi, yang artinya kehidupan manusia pada abad ke-21 mengalami perubahan-perubahan yang fundamental yang berbeda dengan tata kehidupan dalam abad sebelumnya. Abad 21 ditandai dengan berkembangannya teknologi informasi yang sangat pesat serta perkembangan otomasi dimana banyak pekerjaan yang sifatnya pekerjaan rutin dan berulang-ulang mulai digantikan dengan mesin, baik mesin produksi maupun mesin komputer. Memasuki abad 21 kemajuan teknologi tersebut telah memasuki berbagai sendi kehidupan, tidak terkecuali dibidang pendidikan. Pendidik dan peserta didik dituntut memiliki kemampuan belajar mengajar di abad 21 ini.
BalasHapus2. tentu, karna di lihat dari yang pernah kita baca tentang sejarah perubahan dunia pendidikan Indonesia dari masa ke masa, artinya setiap masa sangat mempengaruhi revolusi. kita tidak bisa maju dan beradaptasi kalau tidak mengikuti arus perubahan.
Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu hal yang mudah menuju hal yang sulit. Mungkin kedepannya anak anak bisa lebih berfikir kritis dan lebih bisa menguasai teknologi
BalasHapusIndah Prahastini / 20201111042
BalasHapus1. Perbedaan guru diabad 21 dan dimasa lampau memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Dengan kata lain, pada abad 21 pembelajaran tidak lagi bergantung pada buku-buku dan paket seperti masa lampau. Pada abad 21 ini kita (guru & murid) dapat melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, Contohnya seperti: mendapatkan informasi dari youtube / internet
2. Menurut saya, sistem pembelajaran di masa yang akan datang akan mengalami perubahan yang sangat pesat. Dengan mengikuti teknologi yang ada maka kami (guru & murid) pasti akan mengikuti perkembangan zaman juga. Atau dapat dikatakan, tidak mungkin kita bertahan pada sistem pendidikan yang begini-begini saja, pastinya kita menyeimbangkan sistem pendidikan dengan laju teknologi yang ada.
Nama : Silviana
BalasHapusNIM : 20201111033
#Perbedaan antara abad 21 dan sebelumnya adalah mulai dari metode dan juga materi yang diajarkan lebih luas dan tidak hanya terpaku pada 1 sumber saja. Selain itu dengan 4C dan keleluasaan siswa dalam belajar secara mandiri dan juga bukan hanya tentang materi saja tapi juga pengembangan skill lain membuat siswa semakin terpacu untuk mengembangkan potensi mereka.
#Menurut saya zaman semakin berkembang, tentu saja dimasa yang akan datang juga akan mengalami perubahan di semua aspek termasuk pendidikan. Eran semakin digital dan kuas serta global sehingga membuat ilmu pengetahuan semakin terbuka. Tentu saja dengan itu membuat pembelajaran juga akan mengalami perkembangan dan perubahan.
1. Menurut pendapat saya, perbedaan guru di abad 21 dengan abad sebelumnya yaitu terletak pada karakteristik, seperti pembelajaran tidak terpaku pada paket-paket, lebih informal, beragamnya platform2 digital pendidikan guna untuk mengakses berbagai sumber, pengajaran dilakukan secara induktif dan murid dituntut untuk menerapkan self motivated learning. Sementara pada abad-abad sebelumnya kemajuan teknologi tidak sepesat sekarang. Maka dari itu, guru pada abad 21 dan sebelumnya itu sangat jauh berbeda, dipengaruhi oleh berkembangnya teknologi dan jaman.
BalasHapus2. Menurut saya, dengan melihat sistem pembelajaran dimasa sekarang dan dulu itu jauh berbeda, perkembangan nya juga sangat pesat. Maka sangat memungkinkan dimasa yang akan datang sistem pembelajaran juga bisa berubah seiring berjalannya waktu. Tergantung kondisi kita dimasa depan bagaimana.
Menurut saya, perbedaan antara masa ini dan masa lalu tidak terlalu jauh, sekarang guru mampu merefleksikan pengetahuannya kepada murid, begitu pun dengan yang dulu, bedanya hanya pada cara guru menyampaikan, kalau dulu guru mentransfer ilmunya dengan menjadukan dirinya sevagai sumber ilmu, sedangkan sekarang guru mentransfer ilmunya dengan menjadikan dirinya sebagai jembatan antara sumber (internet) dengan murid, tapi tidak menafikan guru sebagai pengajar murid.
BalasHapusKalau menurut saya, tentunya akan berubah, karena yg kita ketahui pasti adalah, yg dulu dan sekarang aja berbeda apalagi yg sekarang dengan yg akan datang.
Salah satu kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru adalah penguasaan teknologi dalam pembelajaran. Menurut anda bagaimana kesiapan dan kompetensi teknologi yang dimiliki guru guru saat ini? berdasarkan pengalaman anda sebagai seorang siswa, apakah guru anda sering memanfaatkan teknologi dalam pengajaran?
BalasHapusBerdasarkan pengalaman saya di masa SMA, penggunaan teknologi ketika kegiatan belajar mengajar masih sangat minim. Pola belajar yang deduktif, terpacu pada buku ajar, monoton, dan minim diskusi saat itu masih saya rasakan, meskipun tidak semuanya begitu.
HapusNama : Aulia Nur Fitriayanti
HapusNIM. : 20201111048
Menurut pengalaman saya masih ada guru guru yang kurang mengetahui sebuah teknologi saat ini, karena masih berpacu dalam buku-buku seperti buku paket, buku LKS, dll. Karna masih ketertinggalan dengan zaman yang makin maju saat ini
Perkembangan dunia Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK), sangat berpengaruh di berbagai lini, khususnya jalur pendidikan. Jadi mau tidak mau, kita semua harus mengikuti perkembangan zaman. Dalam jalur pendidikan, pembelajaran saat ini dan bahkan masa depan tentu berbeda dengan masa lalu. Ciri-ciri pembelajaran di abad 21 adalah sebagai berikut:
BalasHapus- belajar tidak lagi terbatas pada paket tertentu
- pola belajar yang lebih informal
- ada proses belajar mandiri
- banyak sumber belajar
- menerapkan 4 C (Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis, dan Komunikasi)
- Penerapan TPACK (Teknologi, Konten Pedagogis, Pengetahuan)
1. Menurut saya, perbedaan guru di abad 21 dengan masa sebelumnya adalah guru pada zaman dahulu saat pembelajaran hanya berpatokan pada buku dan cara mengajarnya dengan sistem deduktif. Berbeda dengan guru pada abad 21, mereka menggunakan cara mengajar induktif dan sarana pembelajarannya pun bervariasi tidak hanya berpatokan pada buku.
BalasHapus2. Sistem pembelajaran di masa berikutnya akan mengalami perubahan dikarenakan mengikuti perubahan zaman yang ada, seperti pemanfaatan teknologi pada pembelajaran.
Eva Nur Ainy 20211111037
BalasHapus1. Guru di abad 21 membutuhkan kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, profesional, dan pedagogik. Dimana seorang guru mampu memprediksi bagaimana cara dia mentransfer ilmu kepada peserta didik karena peserta didik memiliki kemampuan masing-masing. Pada abada 21, Guru juga dituntut untuk memiliki kreativitas dan inovasi dalam fungsinya.
2. Tentunya akan mengalami perubahan karena ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus berkembang. Belum lagi saat ini sudah banyak digencarkan mandiri dalam belajar. Maka guru juga diharapkan selalu memiliki inovasi dan meluruskan apa-apa informasi yang diperoleh peserta didik melalui kemandiriannya. Dengan begitu logika peserta didik tidak mengalami kekeliruann
1. Perbedaan guru abad 20 dan 21 terletak pada pembelajarannya. Pada abad 20 guru ini lebih berfokus dengan pengajaran langsung dan pada materi. Sedangkan pada abad 21 lebih berpusat pada siswa dengan pengajaran yang interaktif dan penguasaan terhadap teknologi. Pembelajaran abad 20 dan 21 terjadi pergeseran masif karena adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
BalasHapus2. Menurut saya, iya sistem pembelajaran dimasa berikutnya akan berubah, karena zaman akan berubah dan teknologipun akan menyesuaikan dengan zaman. Hal ini sesuai dengan tuntutan dunia masa depan di mana sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Daffa Rafif / 20201111046
BalasHapus- Perbedaan guru pada abad 21 dengan masa sebelumnya sangatlah signifikan. Mulai dari materi pembelajaran yang selalu update dengan pengetahuan terkini, hingga metode pembelajaran yang terus di perbaharui sesuai dengan karakteristik peserta didik jaman sekarang. Dari segi materi, guru harus berpacu dengan zaman dalam rangka mengembangkan keilmuannya terkait ilmu-ilmu terbaru. Disamping ilmunya akan efektif bila diterapkan pada jaman tersebut, hal ini juga sangat diperlukan agar guru memahami pola pikir sang murid sehingga tidak ada celah di antara mereka. Dan dari segi metode pembelajaran, guru harus tahu bagaimana cara menyampaikan materi dengan seefektif mungkin. Seperti halnya teknologi yang ada pada saat ini, guru dapat menjadikan teknologi sebagai salah satu alat pembelajaran untuk menjembatani proses belajar mengajar, dan oleh karena itu guru harus melek teknologi. Contohnya seperti menggunakan video youtube untuk menambah pemahaman murid, atau menggunakan power point dalam memaparkan materi pembelajaran.
- Pada masa ke masa, sistem pembelajaran akan terus mengalami perubahan lantaran menyesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi. Karena sejatinya sistem pembelajaran terpengaruh oleh beberapa faktor external, seperti budaya, perkembangan teknologi, serta situasi dan kondisi. Misal, pandemi COVID-19 ini memaksa sistem pembelajaran di seluruh dunia untuk berganti dari offline ke online yang mana bertujuan untuk menghindari pertemuan tatap muka secara langsung.
1. Menurut opini saya, perbedaan yang terpampang pada guru di abad 21 dengan masa sebelumnya adalah guru pada zaman dahulu saat pembelajaran hanya berpatokan pada buku, tanpa sumber lain diluar itu dan cara mengajarnya yang masih menggunakan sistem ajar deduktif yang mana itu hanya sistem belajar satu arah yang berpusat pada pengajar. Ada lagi tentang tidak adanya kompetensi sosial. Berbeda dengan guru pada abad 21, mereka menggunakan cara mengajar induktif sehingga kelas tidak hanya berpusat pada guru saja namun peserta didik bisa lebih leluasa untuk berpendapat maupun bertanya, dan sarana pembelajarannya pun bervariasi selain dari buku yang dibagikan secara komersial, juga bisa menggunakan materi dari internet serta sumber lain.
BalasHapus2. Sistem pembelajaran yang terjadi di masa berikutnya akan mengalami pergantian. Itu disebabkan oleh adanya perubahan teknologi dan perkembangan zaman. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, mungkin saja bisa menghilangkan total buku pelajaran dan akan digantikan oleh hologram.
Mirna Safira_20211111038
BalasHapus1. Menurut saya, perbedaan guru di abad 21 dengan masa sebelumnya adalah sumber pembelajaran lebih bervariasi, dituntut untuk mengaplikasikan critical thinking, dan adanya penerapan pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan perkembangan zaman.
2. Menurut saya, sistem pembelajaran akan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini terjadi karena karakter peserta didik yang akan selalu berkembang dengan begitu sistem atau cara pembelajarannya akan mengikuti dengan karakteristik peserta didik dan juga perkembangan teknologi yang pesat membuat sistem pembelajaran juga berkembang.
LYDIA OKTAVIANTI / 20201111043
BalasHapus1. Menurut saya, Guru pada abad 21 berpusat pada perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 yang mengedepankan pengetahuan sebagai tombak utama. Pola pemikiran abad 21 menekankan siswa agar lebih berfikir kritis, mampu mengintegrasikan segala ilmu dengan kehidupan nyata, memahami teknologi, dan informasi serta cakap dalam berkomunikasi dan berkolaborasi. Berbeda dengan guru pada masa sebelumnya, guru lebih aktif ketimbang muridnya. Sebelum abad 21 juga siswa menunggu perintah guru untuk belajar. Sehingga jika guru tidak memerintah, maka tidak belajar.
2. Pada masa ke masa, pembelajaran akan terus mengalami perubahan sesuai zamannya. Pendidikan yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, menuntut kurikulum pendidikan juga ikut berubah menyesuaikan keadaan zaman.
Nama : Aulia Nur Fitriayanti
BalasHapusNIM : 20201111048
1. Menurut pandangan saya setelah menyimak perbedaan guru abad 21 dengan masa sebelumnya itu terlihat dari perkembangan zaman yang dimana semakin kesini zaman semakin canggih semakin maju dari teknologi yang pertama, yang dimana pembelajaran sekarang bisa lewat dari teknologi seperti laptop, hp, komputer, dll dan itu melalui aplikasi seperti zoom, Gmeet, WhatsApp, YouTube, dll. Sedangkan pada zaman sebelumnya itu blm sebegitu canggih dan masih menggunakan sesuatu yang manual yang masih bergantung pada buku-buku. Dan gurunya sendiri mau tidak mau harus belajar dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi agar tidak tertinggal, dan dengan menggunakan teknologi saat ini kita bisa memberikan materi dengan berbagai macam metode.
2. Menurut pandangan saya pada masa ke masa akan mengalami perubahan, hal ini terjadi dikarenakan semakin berkembangnya teknologi sehingga peserta didik dan guru harus bisa menyesuaikan diri dan mengikuti zaman yang semakin maju ini.
NADIA PRIHATINI GAFFAR/20201111023
BalasHapus1. Perbedaan guru pada abad 21 dengan masa sebelumnya sangatlah berbeda. Pada abad 21 ini guru semakin terbuka dan fleksibel dalam pembelajaran. Banyak guru yang mengikuti perkembangan teknologi dan kreatif dalam menciptakan suasana belajar dikelas. Dengan banyaknya sumber belajar yang didapat, akan tercipta pelajar mandiri karena adanya motivasi yang pelajar dapat serta pola belajar yang dilakukan menjadi informal. Pola belajar informal ini guru semakin mudah merefleksasikan ilmunya kepada murid.
2. Menurut sudut pandang saya, dari masa ke masa tentu sistem pembelajaran akan berubah karena ada kemajuan teknologi di dunia dan seiring berkembangnya zaman, pola pikir guru semakin modern dan istilah "gaptek" akan memudar perlahan.
1. Perbedaan antara guru generasi sekarang dan generasi dahulu mencolok pada metode pembelajarannya. Guru zaman sekarang sudah mulai menerapkan pembelajaran induktif agar perhatiannya tidak terpusat pada guru saja, agar murid lebih aktif, saling berdiskusi, dan bertukar pikiran. Murid juga mulai diperbolehkan untuk memanfaatkan teknologi (dengan catatan diarahkan oleh guru), dengan tujuan mencari sumber-sumber materi di internet agar tidak hanya terpacu pada buku paket. Hal ini diterapkan oleh para guru agar meningkatkan kreativitas, critical thinking, komunikasi dan kolaborasi para siswa.
BalasHapus2. Sistem pembelajaran di masa depan pasti akan mengalami perubahan, jika pemerintahan dan tenaga pengajar mengeluarkan kebijakan atas perubahan tersebut, mendukung, dan menerapkan secara disiplin.
Annisa Aulia Urohmah / 20201111010
BalasHapus1. Guru pada abad 21 memiliki kecenderungan memberi ruang kebebasan kepada siswa untuk belajar dengan bebas, seperti menggunakan HP/Laptop dikarenakan zaman yang sudah modern ini menjadikan teknologi sebagai alat pembantu pembelajaran guru namun guru juga tetap memantau dan memberikan arahan kepada siswa. sedangkan pada masa sebelumnya guru hanya berfokus pada pembelajaran buku dan buku.
2. iya, seperti yang terjadi saat ini, sistem pembelajaran yang awalnya tatap muka dengan siswa, berbaris dan menata sepatu lalu masuk kelas kini tak lagi terjadi, kini hanya sekedar menggunakan HP/Laptop dengan aplikasi zoom, gmeet dan classroom siswa sudah bisa melakukan pembelajaran bersama guru.