MODEL DAN PENERAPAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU DI DALAM DAN DI LUAR SEKOLAH




























Komentar

  1. 1. Pengembangan Profesi Guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.

    2. Peran guru di sekolah dan masyarakat menurut WF Connel yaitu:
    - pendidik
    - model
    - pengajar dan pembimbing
    - pelajar
    - komunikator terhadap masyarakat setempat
    - pekerja administrasi, serta
    - kesetiaan terhadap lembaga.

    3. Dalam membangun kapasitas untuk Pengembangan Profesi Guru, adapun dua bagian penting yaitu:
    - Penilaian Kinerja Guru adalah proses penilaian pencapaian tentang kerja guru berdasarkan lingkungan kerja dan tentang potensi masa depan guru yang bermanfaat dan berkontribusi bagi kemajuan dan kualitas sekolah.
    - Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang terdiri dari Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif.

    4. Upaya peningkatan profesionalisme guru yaitu:
    - belajar yang tekun dengan membuka diri dan memiliki keinginan untuk maju
    - mencapai kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan syarat
    - membangun hubungan yang baik
    - mengembangkan etos kerja
    - mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas.

    BalasHapus
  2. Menurut anda, apakah seorang guru harus meningkatkan kompetensinya sebagai seorang pendidik dan pengajar? Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kompentensi dan kualitas pengajaranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Menurut saya iya, seorang guru harus meningkatkan kompetensinya sebagai seorang pendidik dan pengajar. Yang harus dilakukan seorang guru untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajarannya yaitu dengan belajar terus menerus dengan membuka diri mau mendengar dan melihat perkembangan baru di bidangnya, mencapai kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan, membangun hubungan pertemanan yang baik dan luas lewat organisasi, mengembangkan etos kerja yang mengutamakan pelayanan tinggi dan mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan TIK yang mutakhir.

      Hapus
    3. Indah Prahastini/ 20201111042

      Menurut saya, seorang guru harus meningkatkan kompetisinya sebagai seorang pendidik dan pengajar. Guru merupakan elemen terpenting terlaksananya kegiatan belajar mengajar, seluruh kegiatan belajar mengajar akan berjalan secara lancar apabila guru memiliki kompetensi dan kualitas. Untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajarannya, guru harus memiliki beberapa hal penting yakni:
      1. Selalu mengevaluasi diri sendiri tentang pengajaran yang ia lakukan. Seperti: apa yang kurang dari hari ini, apa yang perlu diperbaiki, metode apa yang seharusnya dilakukan dalam proses mengajarnya
      2. Menguasai materi dan pola pikir keilmuan pada mata pelajaran yang diampu
      3. Memanfaatkan teknologi dan informasi dari internet
      4. Mengembangkan materi yang diampu dengan kreatif

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. - Ya, menurut saya seorang guru harus meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik dan pengajar. Karena zaman dan teknologi yang terus berkembang maka diperlukan untuk belajar terus menerus dalam meningkatkan kompetensinya. Agar guru dapat beradaptasi. Contohnya: memberikan metode belajar yang sesuai dengan karakter generasi muda saat ini.

      - Dapat mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

      Hapus
    6. - benar, meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik dan pengajar sangat penting dikarnakan hal tersebut sangat berdampak besar bagi keberhasilan anak didiknya - guru bisa belajar mengenai berbagai macam bentuk karakteristik anak didik. karena guru dengan ini guru bisa menyesuaikan pola pengajaran yang akan diberikan kepada anak didiknya, selamjutnya guru bisa meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajarannya dengan mengolah kreatifitas yang dimiliki guru dimana dengan ini guru akan mengolah pembelajaran dikelas agar lebih asyik dan menyenangkan, dan kemudian guru bisa menggali ilmu yang dimiliki dengan cara mengambil sekolah lagi ke jenjang yang lebih tinggi dimana dengan ini ilmu yang dimiliki si guru akan semakin bertambah dan ini juga membuat guru semakin luas wawasan berfikirinya, selanjutnya guru harus bisa memberikan pola pengajaran yang sesuai zaman yang ada contohnya pada zaman sekarang zaman era teknologi maka dari itu guru juga harus bisa menyesuaikan pola pengajarannya bisa memanfaatkan teknologi yang ada

      Hapus
    7. Nama : Mas Dewi Fatimatus Zahra
      NIM : 20201111045
      Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalitas memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat. Kedua Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menuntut guru untuk harus belajar beradaptasi dengan hal-hal baru yang berlaku saat ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang baru. Dan juga Karakter peserta didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Metode pembelajaran yang digunakan pada peserta didik generasi terdahulu akan sulit diterapkan pada peserta didik generasi sekarang. Oleh karena itu, cara ataupun metode pembelajaran yang digunakan guru harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik saat ini. Dgn cara Mulai tahun 2015 pemerintah mencanangkan adanya peningkatan kompetensi guru yang diukur melalui hasil UKG. Dengan program UKG yg diselenggarakan oleh pemerintah diharap seorang guru mengikuti program tersebut guna berdampak pada kompetisi lulusan. Dengan KL diharapkan mampu menungkatkan daya saing bangsa pada percaturan pendidikan bahkan dunia

      Hapus
    8. yang pertama menambah refrensi dalam menyampaikan pelajaran dari berbagai sumber, dan tentunya dari pengalaman mengajar, jadi seorang guru dapat berkembang dari study formal dan dari bertambahnya pengalaman jam mengajar, lalu tidak lupa dari menambah refrensi.

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. Daffa Rafif / 20201111046

      Tentunya iya, guru harus senantiasa meningkatkan kompetensinya agar terus berkembang, karena guru berada di garda terdepan dalam bidang pendidikan yang tentunya berperan besar dalam mencerdaskan bangsa. Dalam upaya meningkatkan kompetensinya, guru bisa mengikuti berbagai macam pelatihan seperti halnya pelatihan public speaking. Disamping itu, guru juga harus mengikuti perkembangan zaman serta menerapkan metode yang paling sesuai di era tersebut.

      Hapus
    11. Menurut saya, seorang guru harus meningkatkan kompetensinya sebagai seorang pendidik dan pengajar, karena seorang guru ikut berperan aktif dalam dunia pendidikan dan guru juga harus meningkatkan kompetensinya seiring perkembangan zaman. dengan meningkatkan kompetensinya guru jadi lebih mudah mendidik dan mengajar. yang sebaiknya dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas mengajar yaitu dengan cara mengembangkan etos kerja yang mengutamakan pelayanan bermutu tinggi dan mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi agar tidak ketinggalan dalam mengelola teknologi sekarang.

      Hapus
    12. Nama : Silviana
      NIM : 20201111033

      Ya perlu, karena meningkatkan pengembangan akan sangat mempengaruhi metode dalam pembelajaran sehingga dengan itu membuat peserta didik akan merasa selalu ada yang baru dan tidak merasa bosan. Karena semakin maju zaman juga akan berbeda pola pikir serta akan mengikuti kemajuan teknologi. Cara untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajarannya dengan mengikuti seminar atau pelatihan untuk mengembangkan komptensi dan kualitas pembelajaran. Seperti juga halnya mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)

      Hapus
    13. Mirna Safira_20211111038

      Menurut saya, seorang guru harus meningkatkan kompetensinya sebagai seorang pendidik dan pengajar. Yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajarannya salah satunya dengan berinovasi dan berkembang mengikuti perubahan zaman.

      Hapus
    14. Aghnia Jihan S A_20201111037

      menurut saya jika guru tersebut merasa kompetensinya sebagai guru dan pengajar masih kurang baik maka dia harus meningkatkannya. Untuk meningkatkan kompetensi dan pengajarannya bisa melakukan pembelajaran lebih dalam setelah melakukan PKG atau evaluasi diri sendiri kemjudian jika sudah evalusi dan menemukan apa poin yang masih kurang baik maka guru tersebut harus memperbaikinya. Tak lupa setelah mempelajari kekurangan dan mengembangkan diri praktekkanlah.

      Hapus
    15. Nama : Aulia Nur Fitriayanti
      NIM : 20201111048

      Menurut saya seorang guru harus meningkatkan kompetensi nya dikarenakan agar pengajaran dan pembelajarannya bisa baik dan benar, cara meningkatkan kompetensi dengan mengikuti seminar, webinar atau pertemuan para guru-guru baik diselenggarakan oleh Kemendikbud ataupun yang lain.

      Hapus
    16. Nama: Nadia Prihatini Gaffar
      Student ID: 20201111023

      Menurut saya seorang guru harus meningkatkan kompetensinya agar menghasilkan perubahan pada perilaku guru yang berdampak pada peningkatan kinerja guru dalam proses belajar dan mengajar dikelas. Yang harus dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajaran adalah dengan cara, guru harus belajar dan mebuka diri yakni mau mendengar, melihat dan mendengar. Guru harus mencapai kualifikasi dan kompetensi yang di persyaratkan, membangun hubungan kesejawatan yang baik dan luas, mengembangkan etos kerja dan budaya kerja, serta mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi.

      Hapus
    17. Menurut anda, apakah seorang guru harus meningkatkan kompetensinya sebagai seorang pendidik dan pengajar?
      Menurut saya ya tentu saja. Karena jika ada guru yang mempunyai persiapan yang tidak matang, maka tentu itu akan berakibat buruk dan dia belum siap menghadapi peristiwa yang akan datang

      Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kompentensi dan kualitas pengajaranya?
      Menurut saya hal yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas mengajar nya ialah belajar dari pengalaman dan terus memiliki sikap pantang meyerah dalam belajar. Serta terus memperbaiki diri bersiap menghadapi waktu yang akan datang

      Hapus
    18. Lydia Oktavianti / 20201111043
      Menurut saya, banyak sekali cara guru untuk meningkatkan kompetensi, kualitas mengajar dengan cara :
      1. Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.
      2. Aktif mengikuti kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru) dan Komunitas Guru.
      3. Mengikuti pelatihan yang mendukung kualitas pembelajaran.
      4. Banyak Membaca.
      5. Peer Observation and Evaluation.
      6. Membuat Karya Tulis.

      Hapus
  3. Indah Prahastini / 20201111042

    1. Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran

    2. Peran Guru di sekolah dan masyarakat:
    - Pendidik (nurturer)
    - Model
    - Pengajar dan pembimbing
    - Pelajar (learner)
    - Komunikator terhadap masyarakat setempat
    - Pekerja administrasi
    - Kesetiaan terhadap lembaga

    3. Strategi dalam peningkatan pengembangan profesi guru dalam membangun kapasitas untuk perkembangan profesi guru menurut (Lpmp & page, 2009)
    - Penilaian Kinerja Guru (PKG) ini dimaksudkan untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya. Di samping itu, PKG juga berdampak pada pembinaan karir dan peningkatan Kompetisi. PKG merupakan proses penilaian pencapaian tentang kerja guru saat ini berdasarkan lingkungan kerja dan tentang potensi masa depan guru yang bermanfaat dan berkontribusi bagi kemajuan dan kualitas sekolah
    - Untuk pengembangan profesionalitas guru disamping dilakukan melalui penilaian kinerja, guru juga harus mengembangkan dan melaksanakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB terdiri dari Pengembangan diri, publikasi Ilmiah, dan karya Inovatif

    4. Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru:
    - Belajar secara terus menerus sepanjang hayat, dengan membuka diri yakni mau mengajar dan melihat perkembangan baru di bidangnya
    - Mencapai kualifikasi dan kompetensi yang di persyaratkan. Denfan dipenuhinya kualifikasi dan kompetensi yang memadai
    - Membangun hubungan jesejawatan yang baik dan luas termasuk lewat organisasi
    - Mengembangkan etos kerja atau budaya kerja yang mengutamakan pelayanan bermutu tinggi kepada konstituen
    - Mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi mutakhir agar senantiasa tidak ketinggalan dalam kemampuannya mengelola pembelajaran

    BalasHapus
  4. Nama : Hervani Novitasari
    Nim. : 20201111049

    1. Pengertian pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.
    2. - pendidikan
    - model
    - pengajar dan pembimbing
    - pelajar
    - Komunikator terhadap masyarakat setempat
    - Pekerja administrasi
    - kesetiaan terhadap lembaga

    3. - penilaian kinerja guru dimaksutkan untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya.
    - Guru harus mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan

    4. Upaya pengembangan profesi guru yaitu :
    - Belajar terus menerus sepanjang hayat
    - Mencapai kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan
    - Mengembangkan etos kerja
    - Mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan teknologi

    BalasHapus
  5. 1. Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.
    2. Peran guru disekolah dan masyarakat menurut WF Connell (1972) dalam (Lpmp dan page, 2009) yaitu:
    • pendidikan (nurturer)
    • model
    • pengajar dan pembimbing
    • pelajar (learner)
    • komunikator terhadap masyarakat setempat
    • pekerja administrasi
    • kesetiaan terhadap lembaga
    3. Strategi dalam peningkatan pengembangan profesi guru dalam membangun kapasitas untuk pengembangan profesi guru menurut (Lpmp dan page, 2009) yaitu:
    a. Penilaian kinerja guru (PKG), untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya, selain itu PKG juga berdampak pada pembinaan karis dan peningkatan kompetensi.
    b. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), untuk pengembangan profesionalitas guru dilakukan penilaian kinerja. Dengan mengembangkan dan melaksanakan kegiatan PKB.
    4. Upaya peningkatan profesionalisme guru yaitu:
    - Belajar secara terus menerus sepanjang hayat, dengan membuka diri yakni mau mendengar dan melihat perkembangan baru di bidangnya.
    - Mencapai kualifikasi dan kompetensi yang di persyaratkan. Dengan dipenuhinya kualifikasi dan kompetensi yang memadai.
    - Membangun hubungan kesejawatan yang baik dan luas termasuk lewat organisasi.

    BalasHapus
  6. 1. Pengertian pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.
    2. Peran guru di sekolah dan masyarakat yaitu sebagai pendidik, model, pengajar dan pembimbing, pelajar, komunikator terhadap masyarakat setempat, pekerja administrasi dan kesetiaan terhadap lembaga
    3. -Penilaian Kinerja Guru (PKG) dimaksudkan untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya dan berdampak pada pembinaan karir dan peningkatan kompetisi.
    -Untuk mengembangkan profesionalitas guru disamping melalui penilaian kinerja, juga harus mengembangkan dan melaksanakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
    4. belajar terus menerus dengan membuka diri mau mendengar dan melihat perkembangan baru di bidangnya, mencapai kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan, membangun hubungan pertemanan yang baik dan luas lewat organisasi, mengembangkan etos kerja yang mengutamakan pelayanan tinggi dan mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan TIK yang mutakhir.

    BalasHapus
  7. 1. Pengembangan Profesi Guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.

    2. Peran guru disekolah dan masyarakat menurut WF Connell (1972) dalam (Lpmp dan page, 2009) yaitu:
    • pendidikan (nurturer)
    • model
    • pengajar dan pembimbing
    • pelajar (learner)
    • komunikator terhadap masyarakat setempat
    • pekerja administrasi
    • kesetiaan terhadap lembaga

    3. Dalam membangun kapasitas untuk Pengembangan Profesi Guru, adapun dua bagian penting yaitu:
    • Penilaian Kinerja Guru adalah proses penilaian pencapaian tentang kerja guru berdasarkan lingkungan kerja dan tentang potensi masa depan guru yang bermanfaat dan berkontribusi bagi kemajuan dan kualitas sekolah.
    • Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang terdiri dari Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif.

    4. Upaya peningkatan profesionalisme guru yaitu:
    • belajar yang tekun dengan membuka diri dan memiliki keinginan untuk maju
    • mencapai kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan syarat
    • membangun hubungan yang baik
    • mengembangkan etos kerja
    • mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas.

    BalasHapus
  8. 1. Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan
    pendidikan dari pengajaran.

    2. - pendidik (nurturer)
    - model
    - pengajar dan pembimbing
    - pelajar (lerner)
    - komunikator terhadap masyarakat setempat
    - pekerja administrasi
    - kesetiaan terhadap lembaga

    3. - penilaian kinerja guru (PKG) dimaksudkan untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya, disamping itu penilaian kinerja guru juga berdampak pada pembinaan karir dan peningkatan kompetensi.
    - guru harus mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Pengembangan keprofesian berkelanjutan terdiri dari pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

    4. - membangun hubungan kesejawatan yang baik dan luas termasuk lewat organisasi.
    - mencapai kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan.
    - meningkatkan etos kerja atau budaya kerja yang mengutamakan pelayanan bermutu tinggi kepada konstituen.

    BalasHapus
  9. 1. Apa pengertian pengambangan profesi guru
    Jawab: Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran
    2. Sebutkan peran guru di sekolah dan masyarakat menurut WF Connell (1972) dalam (LPMP & Page, 2009)
    Jawab: Pendidik, Model, Pengajaran dan pembimbing, komunikator terhadap masyarata setempat, pekerja administrasi dan kesetiaan terhadap lembaga
    3. Sebutkan dan jelaskan strategi dalam peningkatan pengembangan profesi guru dalam membangun kapasitas untuk pengembangan profesi guru menurut (LPMP & Page, 2009)
    Jawab: penilaian kinerja guru (PKG) ini dimaksudkan untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya, pengembangan keprofesioan berkelanjutan (PKB) pengembangan keprofesian berkelanjhtan terdiri dari pengembanga diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif
    4. Apa saja upaya peningkatan profesionalisme guru?
    Jawab: 1. Belajar secara terus menerus sepanjang hayat, dengan membuka diri yakni mau mendengar dan melihat perkembangan baru di bidangnya
    2. Mencapai kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan
    3. Membangun hubungan kesejawatan yang baik dan luas
    4 mengembangkan etos kerja atau budaya kerja yang mengutamakan pelayanan bermutu tinggi kepada konsituen
    5.mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas dalam pemanfaataj teknologi komunikasi dan informasi muktahir agar senantiasa tidak ketinggalan dalam kemampuannya mengelola pengajaran

    BalasHapus
  10. SyamsaMukamar/20201111034

    1. Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran

    2. Peran Guru di sekolah dan masyarakat:
    - Pendidik (nurturer)
    - Model
    - Pengajar dan pembimbing
    - Pelajar (learner)
    - Komunikator terhadap masyarakat setempat
    - Pekerja administrasi
    - Kesetiaan terhadap lembaga

    3. Strategi dalam peningkatan pengembangan profesi guru dalam membangun kapasitas untuk perkembangan profesi guru menurut (Lpmp & page, 2009)
    - Penilaian Kinerja Guru (PKG) ini dimaksudkan untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya. Di samping itu, PKG juga berdampak pada pembinaan karir dan peningkatan Kompetisi. PKG merupakan proses penilaian pencapaian tentang kerja guru saat ini berdasarkan lingkungan kerja dan tentang potensi masa depan guru yang bermanfaat dan berkontribusi bagi kemajuan dan kualitas sekolah
    - Untuk pengembangan profesionalitas guru disamping dilakukan melalui penilaian kinerja, guru juga harus mengembangkan dan melaksanakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB terdiri dari Pengembangan diri, publikasi Ilmiah, dan karya Inovatif

    4. Upaya pengembangan profesi guru yaitu :
    - Belajar terus menerus sepanjang hayat
    - Mencapai kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan
    - Mengembangkan etos kerja
    - Mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan teknologi

    BalasHapus
  11. Muhammad Rizwan/20201111040

    1. Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.
    2. Peran guru disekolah dan masyarakat menurut WF Connell (1972) dalam (Lpmp dan page, 2009) yaitu:
    • pendidikan (nurturer)
    • model
    • pengajar dan pembimbing
    • pelajar (learner)
    • komunikator terhadap masyarakat setempat
    • pekerja administrasi
    • kesetiaan terhadap lembaga
    3. Strategi dalam peningkatan pengembangan profesi guru dalam membangun kapasitas untuk pengembangan profesi guru menurut (Lpmp dan page, 2009) yaitu:
    a. Penilaian kinerja guru (PKG), untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya, selain itu PKG juga berdampak pada pembinaan karis dan peningkatan kompetensi.
    b. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), untuk pengembangan profesionalitas guru dilakukan penilaian kinerja. Dengan mengembangkan dan melaksanakan kegiatan PKB.
    4. Upaya peningkatan profesionalisme guru yaitu:
    - Belajar secara terus menerus sepanjang hayat, dengan membuka diri yakni mau mendengar dan melihat perkembangan baru di bidangnya.
    - Mencapai kualifikasi dan kompetensi yang di persyaratkan. Dengan dipenuhinya kualifikasi dan kompetensi yang memadai.
    - Membangun hubungan kesejawatan yang baik dan luas termasuk lewat organisasi.

    BalasHapus
  12. Mirna Safira_20211111038

    1. Pengembangan Profesi Guru merupakan proses kegiatan untuk menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan penidikan dan pengajaran.

    2. Peran guru di sekolah dan masyarakat menurut WF Connell (1972) dalam (Lpmp & Page, 2009):
    (1) Pendidik
    (2) Model
    (3) Pengajar dan pembimbing
    (4) Pelajar
    (5) Komunikator terhadap masyarakat setempat
    (6) Pekerja administrasi
    (7) Kesetiaan terhadap lembaga

    3. Menurut Lpmp & Page (2009), terdapat dua strategi dalam peningkatan pengembangan profesi guru dalam membangun kapasitas untuk pengembangan profesi guru:
    (1) Penilaian Kinerja Guru (PKG) merupakan proses penilaian pencapaian tentang kerja guru berdasarkan lingkungan dan potensi masa depan.
    (2) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang terdiri dari pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

    4. Upaya peningkatan profesionalisme guru:
    (1) Mengembangkan etos kerja atau budaya kerja yang mengutamakan pelayanan bermutu tinggi kepada kostituen
    (2) Mengadopsi inovasi atau kreativitas alam pemanfaatan teknologi komunikasi
    (3) Belajar sepanjang hayat

    BalasHapus
  13. Aghnia Jihan S A_20201111037

    1. Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan professional guru dengan tuntutan Pendidikan dan pengajaran.
    2. Pendidkan(nurture), model, pengajar dan pembimbing, pelajar(learner), komunikator terhadap masyarakat setempat, pekrja administrasi, kesetiaan terhadap lembaga.
    3. Penilaian Kerja Guru(penilaian untuk guru yang nantinya akan memberikan benefit kepada guru itu sendiri/ untuk mengevaluasi diri sehingga di kemudian bisa menjadi guru yang lebih baik), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan(terdiri dari pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif)
    4. Upaya-upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru diantyaranya yaitu: belajar dan memperluas pengetahuan dan pandangan. -mencapai kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan. -membangun relasi. -membangun etos kerja dan mengutamakan pelayanan bermutu tinggi. -mengikuti perkembangan zaman dan IPTEK.

    BalasHapus
  14. Nama : Aulia Nur Fitriayanti
    NIM. : 20201111048

    1. Pengembangan Profesi Guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.

    2. Peran guru disekolah dan masyarakat menurut WF Connell (1972) dalam (Lpmp dan page, 2009) yaitu:
    - pendidikan (nurturer)
    - model
    - pengajar dan pembimbing
    - pelajar (learner)
    - komunikator terhadap masyarakat setempat
    - pekerja administrasi
    - kesetiaan terhadap lembaga

    3. Dalam membangun kapasitas untuk Pengembangan Profesi Guru, adapun dua bagian penting yaitu:
    • Penilaian Kinerja Guru adalah proses penilaian pencapaian tentang kerja guru berdasarkan lingkungan kerja dan tentang potensi masa depan guru yang bermanfaat dan berkontribusi bagi kemajuan dan kualitas sekolah.
    • Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang terdiri dari Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif.

    4. Upaya peningkatan profesionalisme guru yaitu:
    * belajar yang tekun dengan membuka diri dan memiliki keinginan untuk maju
    * mencapai kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan syarat
    * membangun hubungan yang baik
    * mengembangkan etos kerja
    * mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas.

    BalasHapus
  15. 20201111025

    1. Merupakan proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.

    2. Peran guru disekolah dan masyarakat menurut WF Connell (1972) dalam (Lpmp dan page, 2009) yaitu:
    - pendidikan
    - model
    - pengajar dan pembimbing
    - pelajar
    - Komunikator terhadap masyarakat setempat
    - Pekerja administrasi
    - kesetiaan terhadap lembaga

    3. - Penilaian kinerja guru dimaksudkan untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya.
    - Guru harus mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan

    4. Upaya pengembangan profesi guru yaitu :

    - Mencapai kualifikasi dan kompetensi yang di persyaratkan. Denfan dipenuhinya kualifikasi dan kompetensi yang memadai
    - Belajar secara terus menerus sepanjang hayat, dengan membuka diri yakni mau mengajar dan melihat perkembangan baru di bidangnya terutama teknologi
    - Membangun hubungan korelasi yang baik dan luas termasuk lewat organisasi
    - Mengembangkan etos kerja atau budaya kerja yang mengutamakan pelayanan bermutu tinggi kepada konstituen

    BalasHapus
  16. Annisa Aulia Urohmah / 20201111010

    1. Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan.
    2. a. Pendidik
    b. Model
    c. Pengajar dan pembimbing
    d. Pelajar
    e. Komunikator terhadap masyarakat setempat
    f. Pekerja administrasi
    g. Kesetiaan terhadap lembaga
    3. a. Penilaian Kinerja Guru ( PKG) ini dimaksud ntuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya, di samping itu penilaian kinerja guru juga berdampak pada pembinaan karir dam peningkatan kompetensi. Penilaian kinerja guru juga merupakan proses penilaian pencapaian tentang kerja guru saat ini berdasarkan lingkungan kerja dan tentang potensi masa depan guru yang bermanfaat serta berkontribusi bagi kemajuan dan kualitas sekolah.
    b. Untuk pengembangan profesionalitas guru dilakukan melalui penilaian kinerja, guru juga harus mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Pengembangan berkelanjutan terdiri dari pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
    4. a. Belajar terus menerus sepanjang hayat dengan membuka diri yakni mau mendengar dan melihat perkembangan baru di bidangnya.
    b. Mencapai kualifikasi dan kompetensi yang di persyaratan.
    c. Membangun hubungan kesejawatan yang baik dan luas termasuk lewat organisasi.
    d. Mengembangkan etos kerja atau budaya kerja yang mengutamakan akan pelayanan bermutu tinggi kepada konstituen .
    e. Mengadopsi inovasi/ mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi mutakhir, agar senantiasa tidak ketinggalan dalam kemampuannya mengelola pembelajaran.

    BalasHapus
  17. 1. Pengembangan profesi guru adalah proses kegiatan dalam rangka menyesuaikan kemampuan profesional guru dengan tuntutan pendidikan dan pengajaran.

    2. Menurut WF Connel, guru memiliki 7 peran baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, yaitu sebagai: Pendidik (nurturer), role model, pengajar dan pembimbing, pelajar (learner), komunikator, pekerja administrasi, dan kesetiaan terhadap lembaga.

    3. Pada LPMP 2009, telah dituturkan bahwa ada dua kegiatan penting untuk mengembangkan profesi guru. Pertama, Penilaian Kerja Guru (PKG) merupakan proses penilaian pencapaian kerja guru di lingkungan kerja dan tentang potensi masa depan guru yang bermanfaat yang akan berkontribusi demi kemajuan kualitas sekolah. Kedua, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berbentuk pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

    4. Berdasarkan materi yang diberikan, ada lima upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan profesionalismenya:
    - Belajar terus menerus sampai akhir hayat,
    - Mengetahui dan memenuhi kualifikasi dan kompetensi yang disyaratkan,
    - Membangun relasi yang kuat dan aktif berorganisasi,
    - Meningkatkan etos kerja dengan memberikan pelayanan yang bermutu tinggi,
    - Berinovasi dan berkreasi dengan memanfaatkan teknologi untuk mengelola pembelajaran.

    BalasHapus

Posting Komentar