Firanda Eka Pratiwi 20201111039 Answer: 1.Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
2.Merupakan kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran.
3. (1) Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik. Contoh Saudara menggunakan Microsoft excel untuk mengolah nilai, menggunakan kuis online untuk menilai partisipasi peserta didik, enggunakan grup chatting untuk memahami cara berkomunikasi melalui medsos dan sebagainya. (2) Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya. (3) Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya.
4. yaitu Technological Knowledge (TK), Pedagigical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK). Hasil perpaduan 3 pengetahuan dasar tersebut, menghasilkan 4 pengetahuan baru, meliputi Pedagogical Content Knowledge (PCK), Technological Content Knowledge (TCK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).
5. (1)Peran integrasi TPACK dalam pembelajaran daring Integrasi TPACK membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar. (2) Platform teknologi sebagai alat pembelajaran Teknologi tidak terlepas dari akses internet untuk memudahkan dalam pembelajaran. Hal ini memberikan kesempatan belajar lebih banyak melalui akses internet. (3)Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru Refleksi practice memiliki manfaat dari refleksi yang fokus dan pengujian kritis dari pengalaman mengajarnya yang mana menuju peningkatan dan perkembangan selanjutnya seeorang guru.
Pada konteks TPACK dalam pembelajaran bahasa Inggris, Menurut anda pengetahuan (knowledge) apa yang lebih penting dikuasai oleh seorang guru? Technological? Pedagogical? or Content Knowledge?. Jelaskan pendapat dan alasan anda!
Menurut saya yang pertama penting untuk dikuasai yaitu Content Knowledge, karena seperti yang bisa kita lihat dari namanya yaitu 'content' yang berarti isi atau pengetahuan dalam sebuah subjek yang akan diajarkan. Misalnya jika seorang guru saja tidak menguasai suatu materi, bagaimana beliau bisa menjelaskan dengan baik materi untuk siswanya. Yang kedua Pedagogical Knowledge dan yang terakhir Technological.
Menurut saya, Pedagogical knowledge merupakan komponen pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru, Karena guru harus tahu dan paham dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan, alat pendidikan, cara melaksanakan pendidikan, anak didik, pendidik dan sebagainya. “Pedagogical Knowledge refers to the method and proses of teaching and includes knowledge in classroom management, assessment, lesson plan development, and student learning”, yang berarti Pedagogical Knowledge adalah cara dan proses mengajar serta meliputi pengetahuan tentang manajemen kelas, tugas, perencanaan pembelajaran, dan pembelajaran siswa.
semuanya penting, karna itu adalah kerangka kerja yang akan menjadi acuan guru dalam mendesain model pembelajaran yang baik dan seimbang. ketika guru memahami tentang kerangka kerja TPACK dan kemudian keyakinan mereka terbentuk maka hal ini akan membantu guru untuk mendesain model pembelajaran yang terintegrasi teknologi dengan mempertimbangkan aspek pedagogi dan konten yang memanfaatkan teknologi secara seimbang.
saya rasa ketiganya memiliki peran yang sama-sama penting. guru harus memiliki Pengetahuan materi (content knowledge/CK) yaitu penguasaan bidang studi atau materi pembelajaran. Dimana guru harus faham betul materi apa yang diajarkan agar ketika pembelajaran berlangsung guru bisa menjelaskan ilmu tersebut secara baik dan benar. Kemudian yang tidak kalah penting lagi ialah Pengetahuan pedagogis (pedagogical knowledge/PK) yaitu pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran. Hal ini kenapa sangat penting karena ini yang menentukan ilmu itu dapat dicerna atau dipahami dan tersampaikan atau tidak kepada siswanya, karena seberapa bagus atau penting suatu ilmu namun strategi penyampaiannya tidak sesuai maka akan tidak tersampaiakan ilmu tersebut. kemudian mengenai Pengetahuan teknologi (technological knowledge/TK) yaitu pengetahuan bagaiamana menggunakan teknologi digital. pengetahuan guru juga akan teknologi juga penting karena guru harus sadar bahwa semakin lama teknologi ini semakin maju dan jangan lupakan bahwa anak didik yang kita ajarkan nantinya mereka lebih tertarik dengan teknologi maka kita sebagai guru juga harus bisa memanfaatkan tenologi denagn baik karena dengan teknologi. Manfaat teknologi sendiri dapat MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR Hal ini terjadi karena informasi yang ada di Internet lebih update sehingga para siswa bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi baru yang diperlukan, di bawah pengawasan guru., MEMUDAHKAN AKSES BELAJAR Proses pembelajaran dapat dipemudah dengan adanya teknologi dalam pendidikan. Misalkan guru dapat memberikan materi atau tugas belajar melalui email sehingga peserta didik bisa segera menyelesaikan dan mengumpukan tugas tersebut.MATERI LEBIH MENARIK Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membuat peserta didik lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton. Karena penyampaian informasi melalui teknologi cangging terlihat lebih variatif dan modern.
Yang pertama tentu saja content knowledge yang merupakan bahan ajar yang akan disampaikan, kemudian pedagogical yang mencakup segala aspek yang dibutuhkan guru dalam mengajar, kemudian yg terakhir technological knowledge yang menurut saya adalah sebuah pengembangan cara dari teknik pengajaran konvensional dengan menggunakan teknologi agar penyampaian bahan ajar semakin mudah untuk guru maupun siswa.
Menurut saya sma pentingnya karena dari 3 knowledges tersebut saling berkaitan.Diperlukan gabungan pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten, karena pengetahuan konten dan pengetahuan pedagogi seorang guru tidak selalu sama kuatnya, secara tentatif ada tiga kemungkinan gambaran PCK yang dimiliki guru, pertama guru yang memiliki pengetahuan pedagogi yang terbatas namun kuat dalam konten, kedua, guru yang memiliki pengetahuan pedagogi yang kuat namun pengetahuan kontennya terbatas, dan ketiga guru yang memiliki pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten yang sama kuat.
Menurut saya ketiga dari pengetahuan tersebut sangat penting dan memiliki perannya masing-masing. Jika salah satu knowledges tidak dikuasai oleh guru maka pembelajaran tidak akan berjalan sempurna, karena pengetahuannya tidak balance. Contohnya, dalam pembelajaran guru wajib memiliki CONTENT KNOWLEDGE karena pengetahuan tersebut tidak dikuasai maka guru akan sulit untuk memberi arahan pembelajaran kepada siswa sehingga prosesnya menjadi tidak efisien. Untuk mendukung CONTENT KNOWLEDGE, tentu guru harus memiliki PEDAGOGICAL KNOWLEDGE yang menunjang guru mendalami semua proses dan praktik metode belajar dan mengajar yang mencakupi nilai dan tujuan pendidikan. Agar semua proses kedua elemen yang tadi disebutkan berjalan dengan sempurna, maka guru wajib memiliki TECHNOLOGICAL KNOWLEDGE yang mana di jaman sekarang teknologi semakin maju dan banyak sekolah menggunakan teknologi digital seperti komputer dan perangkat-perangkat lunak lainnya.
Menurut saya, ketiga pengetahuan (knowledge) tersebut penting untuk dimiliki oleh guru bahasa Inggris karena content knowledge dibutuhkan dalam hal pengetahuan mengenai materi pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa, pedagogical knowledge dibutuhkan dalam hal praktik mengajar, dan technological knowledge yang dibutuhkan dalam hal mengoperasikan teknologi. Sehingga, ketika guru dapat menerapkan ketiganya, akan maksimal dalam proses mengajar kepada siswanya.
Menurut saya ketiga pengetahuan itu sangat penting bagi guru dan tidak bisa dipisahkan, dikarenakan kalau di pisah maka menjadi ga balance dan tidak sempurna soalnya udah ada tugas sendiri-sendiri
Menurut saya, ketiganya penting untuk dikuasai karena saling berkesinambungan dari konteks satu ke konteks lainnya. dan urutan yang penting terlebih dahulu dikuasai oleh guru Bahasa inggris menurut saya adalah knowledge, pedagogical, and then technological, namun ada baiknya jika pedagogical dan technological seimbang penguasaannya.
Jika ditanya mana yang lebih penting, maka masing-masing aspek saling menguatkan dan berhubungan; Teknologi yang mengubah dan menambah metode pembelajaran, Pedagogical Knowledge yang merupakan salah satu dasar kompetensi guru untuk mengatur dan mengadaptasi atas datangnya teknologi dalam dunia pembelajaran, dan Content Knowledge yang merupakan inti dari menjadi seorang guru, untuk mengajarkan materi pelajaran.
1. TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) adalah salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai oleh guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi adalah platform teknologi sebagai alat pembelajaran berupa materi dan strategi dalam belajar.
3. Cara menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan standar yang menekankan peningkatkan pengetahuan guru tentang versi perangkat keras dan perangkat lunak saat ini.
4. Jenis-jenis pengetahuan dasar pada TPACK, yaitu: - Technological Knowledge (TK) - Pedagogical Knowledge (PK) - Content Knowledge (CK)
5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa Inggris - Integrasi TPACK membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar - Memudahkan pembelajaran yaitu dalam mengakses website tertentu. - Refleksi yang dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi guru.
1. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) menggambarkan jenis pengetahuan guru yang dibutuhkan untuk mengajar secara efektif dengan teknologi. 2. kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran. yang berfokus pada pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogis, dan pengetahuan akan konten Dengan membedakan di antara ketiga jenis pengetahuan ini, kerangka kerja TPACK menguraikan bagaimana konten (apa yang diajarkan) dan pedagogi (bagaimana guru menyampaikan konten itu) harus membentuk dasar untuk integrasi pendidikan yang efektif. 3. menggunakan media sosial untuk menganalisis, misalnya dinegara brazil seorang guru menyuruh murid untuk menganalisis grammar dari tulisan dalam platform tweeter idolanya. dan masih banyak cara tergantung kebutuhan dan kreatifitas dan inovasi guru. 4. Technological Knowledge (TK), Pedagigical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK). Pendekatan TPACK melampaui ketiga tipe pengetahuan ini dalam isolasi yang memungkinkan terbentuk tujuh tipe baru pengetahuan karena irisan masing-masing tipe pengetahuan. Content Knowledge (CK). Pedagogical Knowledge (PK). Technology Knowledge (TK). Pedagogical Content Knowledge (PCK). Technological Content Knowledge (TCK).Technological Pedagogical Knowledge (TPK). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). 5. kerangka kerja TPACK menolong siswa untuk mempelajari bahasa inggris dengan lebih baik dan juga lebih mudah. Selain itu guru juga merasa yakin bahwa kerangka kerja TPACK menolong mereka untuk mendesain model pembelajaran yang seimbang sehingga peran teknologi tidak dominan dalam pembelajaran dan siswa tidak menjadi obsesif dengan kehadiran teknologi di dalam kelas.
1. Pendekatan TPACK merupakan pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Namun, pendekatan PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru. 2. Kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran. 3. Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya. Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya Mengintegrasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan. Contohnya melibatkan guru dalam pengembangan sumber belajar digital, diskusi rutin pengembangan konten digital, memasukkan program peningkatan melek TIK bagi guru dan sebagainya 4. - Technological Knowledge (TK) - Pedagogical Knowledge (PK) - Content Knowledge (CK)
5. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran ketersediaan gratis yang menunjang pembelajaran membantu guru sebagai alat pembelajaran daring. Refleksi pengembangan guru bahasa inggris.
1. Apa yang dimaksud dengan TPACK Jawab: merupakan pembelajaran yang menggunakan penerapan gabungan sistem pendidikan yang mengedepankan teknologi dan aplikasi (konten) tertentu dalam pembelajaran. 2. Apa yang dimaksud dengan kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi Jawab: ialah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dimana hal ini dapat membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran dengan lebih mudah dan baru 3. Bagaimana menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi Jawab: a. Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik contohnya dengan menggunakan microsoft excel untuk mengolah nilai, menggunaian kuis online untuk menulai partisipasi peserta didik b. Menggunakan TIK untuk menyajikan data contohnya menggunakan TIK untuk menyanjikan data akademik, data induk peserta dll 4. Sebutkan elemen-elemen atau jenis pengetahuan dasar pada TPACK Jawab: a. Pengetahuan materi (CK) b. Pengetahuan pedagogis(PK) c. Pengetahuan teknologi (TK) d. Pengetahuan pedagogi dan materi (PCK) e. Pengetahuan teknologi dan materi (TCK) f. Pengetahuan teknologi dan pedagogi(TPK) g. Pengetahuan teknologi, pedagogi dan materi (TPCK) 5. Apa peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa inggris Jawab: a.Mengintegrasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan. Contohnya melibatkan guru dalam pengembangan sumber belajar digital, diskusi rutin pengembangan konten digital, memasukkan program peningkatan melek TIK bagi guru dan sebagainya, b. Mengintegrasikan TIK untuk menyajikan data. Contohnya menggunakan TIK untuk menyajikan data akademik, data induk peserta didik, data mutasi peserta didik, membuat grafik dan sebagainya, c. Mengintegrasikan TIK dalam strategi pembelajaran. Contohnya mengembangkan pembelajaran berbasis web, mengelola forum diskusi online, melaksanakan teleconference, menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dan sebagainya., d. Menerapkan TIK untuk pengelolaan pembelajaran. Contohnya menggunakan TIk untuk presensi online, memasukkan dan mengolah nilai peserta didik, menggunakan sistem informasi akademik dan sebagainya
1. TPACK (Technological pedagogical Content Knowledge) merupakan salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintergrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran
2. TPACK telag menjadi kerangka kerja atau framework yang dapat digunakan untuk menganalisa pengetahuan guru
3. Menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi - Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik - Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran - Mengintregasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan - Mengintregasikan TIK dalam strategi
4. Jenis pengetahuan dasar pada TPACK: - Technological Knowledge (TK) - Pedagogical Knowledge (PK) - Content Knowledge (CK)
5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa inggris: - Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar - Platform teknologi sebagai alat pembelajaran seperti internet - Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru
1. Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran dan perkembangannya. 2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi yaitu digunakan untuk menganalisa pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran. 3. Cara menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi yaitu dengan cara platform teknologi sebagai alat pembelajaran dengan itu membantu guru sebagai alat pembelajaran jarak jauh (daring) dan juga dapat mengintegrasikan teknologi informasi komunikasi dalam strategi pembelajaran. seperti, pembelajaran berbasis web, ataupun menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik. 4. Elemen-elemen atau jenis pengetahuan dasar pada TPACK yaitu: a. Technological Knowledge (TK) b. Pedagogical Knowledge (PK) c. Content Knowledge (CK) 5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa inggris sebagai berikut: a. Peran integrasi TPACK dalam pembelajaran daring. b. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran. c. Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
1. Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan salah satu pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi adalah pengetahuan proses dan strategi pembelajaran menggunakan TIK.
3. • Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya. • Mengintegrasikan TIK dalam strategi pembelajaran. Contohnya mengembangkan pembelajaran berbasis web, mengelola forum diskusi online, melaksanakan teleconference, menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dan sebagainya. • Mengintegrasikan TIK dalam konteks mengajar. Contohnya menyediakan pilihan pembelajaran berbasis online.
4. - Pengetahuan Konten - Pengetahuan Pedagogis - Pengetahuan Konten Pedagogis - Pengetahuan Teknologi - Pengetahuan Konten Teknologi - Pengetahuan Pedagogis Teknologi - Pengetahuan Konten Pedagogis Teknologi
5. • Peran integrasi TPACK dalam pembelajaran daring • Platform teknologi sebagai alat pembelajaran • Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru
1. TPACK atau Technological pedagogical Content Knowledge adalah salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintergrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
2. Kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran.
3. Penerapan TIK untuk menilai, memahami materi, dan mengintegrasikan strategi peserta didik.
5.- Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar pada peserta didik. - Platform teknologi sebagai alat pembelajaran. - Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
Muhammad Rizwan 20201111040 1. Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan salah satu pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi adalah pengetahuan proses dan strategi pembelajaran menggunakan TIK.
3. • Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya. • Mengintegrasikan TIK dalam strategi pembelajaran. Contohnya mengembangkan pembelajaran berbasis web, mengelola forum diskusi online, melaksanakan teleconference, menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dan sebagainya. • Mengintegrasikan TIK dalam konteks mengajar. Contohnya menyediakan pilihan pembelajaran berbasis online. 4. Technological Knowledge (TK), Pedagigical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK). Pendekatan TPACK melampaui ketiga tipe pengetahuan ini dalam isolasi yang memungkinkan terbentuk tujuh tipe baru pengetahuan karena irisan masing-masing tipe pengetahuan. Content Knowledge (CK). Pedagogical Knowledge (PK). Technology Knowledge (TK). Pedagogical Content Knowledge (PCK). Technological Content Knowledge (TCK).Technological Pedagogical Knowledge (TPK). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). 5. kerangka kerja TPACK menolong siswa untuk mempelajari bahasa inggris dengan lebih baik dan juga lebih mudah. Selain itu guru juga merasa yakin bahwa kerangka kerja TPACK menolong mereka untuk mendesain model pembelajaran yang seimbang sehingga peran teknologi tidak dominan dalam pembelajaran dan siswa tidak menjadi obsesif dengan kehadiran teknologi di dalam kelas.
1. Pendekatan TPACK merupakan pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Namun, pendekatan PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru. 2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi adalah platform teknologi sebagai alat pembelajaran berupa materi dan strategi dalam belajar. 3. -Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik. Contoh Saudara menggunakan Microsoft excel untuk mengolah nilai, menggunakan kuis online untuk menilai partisipasi peserta didik, enggunakan grup chatting untuk memahami cara berkomunikasi melalui medsos dan sebagainya. -Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya. -Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya. 4. Jenis-jenis pengetahuan dasar pada TPACK, yaitu: - Technological Knowledge (TK) - Pedagogical Knowledge (PK) - Content Knowledge (CK) 5 - Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar pada peserta didik. - Platform teknologi sebagai alat pembelajaran. - Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
Eva Nur Ainy 20211111037 1. TPACK adalah sebuah inovasi baru yang memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pendekatan TPACK memadukan aspek pengetahuan (Knowledge/K), cara membelajarkan (Pedagogy/P), penguasaan materi pembelajaran sesuai bidang (Content/C) dengan TIK (Technology/T).
2. Yaitu melibatkan paket-paket pengatahuan tentang teknologi, materi, dan proses atau strategi pembelajaran. Jadi, paket-paket pengetahuan bersinggungan menghasilkan irisan- irisan menjadi paket pengetahuan baru. Kerangka kerja atau framework yang dapat digunakan untuk menganalisis pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran
3. Pendidik memiliki pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran dengan menggabungkan materi pembelajaran dengan strategi pembelajaran. Kemudian mengombinasikan bahan ajar dengan teknologi digital. Dengan pendidik memberikan penjelasan kemudian latihan soal yang merupakan pengembangan materi maka peserta didik secara tidak langsung diajarkan untuk memahami teknologi digital bagaimana mencari jawabannya.
5. mendesain model pembelajaran yang seimbang sehingga peran teknologi tidak dominan dalam pembelajaran dan siswa tidak menjadi obsesif dengan kehadiran teknologi di dalam kelas. integrasi teknologi akan berhasil jika ada kesepakatan antara guru dan siswa. Dimana walapun guru telah merasa yakin bahwa sebuah teknologi dapat dilakukan namun jika siswa merasa tidak yakin maka guru tersebut tidak akan melanjutkan penggunaan teknologi.
1. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi atau TPACK merupakan bentuk pengetahuan yang muncul yang melampaui ketiga komponen (konten, pedagogi, dan teknologi).
3. Cara menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi bisa dengan menggunakan platform teknologi sebagai penunjang pembelajaran, pelatihan dengan tujuan memberikan wawasan baru dalam melaksanakan pembelajaran, dan refleksi sebagai improvement bagi guru.
4. Jenis pengetahuan dasar pada TPACK: a. Technological Knowledge (TK) b. Pedagogical Knowledge (PK) c. Content Knowledge (CK)
5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa Inggris: a. Peran integrasi TPACK dalam pembelajaran daring yang membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar b. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran c. Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru
1.) Technological Pedagocal Content Knowledge disingkat TPACK (sebelumnya disingkat TPCK) merupakan pengetahuan yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
2.)Guru harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi baik yang tradisional maupun modern untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran. TPACK merupakan salah suatu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasi guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran, pengukuran TPACK merupakan aktivitas tingkat penguasaan TPACK yang dilakukan menggunakan kerangka kerja TPACK, dan pengembangan TPACK merupakan kelanjutan dari proses pengukuran yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan TPACK. TPACK dapat dijadikan sebagai kerangka kerja untuk mendesain kurikulum pendidikan guru yang lebih sesuai dengan era dan pembelajaran Abad 21.
3.) TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) adalah sebuah framework (kerangka kerja) dalam mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi dan konten/materi pengetahuan (ontologis).
Kemajuan teknologi informasi yang sedemikian pesatnya, adalah sebuah keniscayaan bahwa guru harus menguasai teknologi untuk kemudian digunakan sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran.
4.) a. Pengetahuan materi (CK) b. Pengetahuan pedagogis(PK) c. Pengetahuan teknologi (TK) d. Pengetahuan pedagogi dan materi (PCK) e. Pengetahuan teknologi dan materi (TCK) f. Pengetahuan teknologi dan pedagogi(TPK) g. Pengetahuan teknologi, pedagogi dan materi (TPCK)
5.) *Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar pada peserta didik. * Platform teknologi sebagai alat pembelajaran. * Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
1. TPACK (technological pedagogical content knowledge) adalah salah satu jenis pengetahuan baru yang harus di kuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik. 2. Kerangka yang digunakan untuk menganalisa pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran. 3. • Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya. • Mengintegrasikan TIK dalam strategi pembelajaran. Contohnya mengembangkan pembelajaran berbasis web, mengelola forum diskusi online, melaksanakan teleconference, menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dan sebagainya. • Mengintegrasikan TIK dalam konteks mengajar. Contohnya menyediakan pilihan pembelajaran berbasis online. 4. a. Pengetahuan Konten. b. Pengetahuan Pedagogis. c. Pengetahuan Konten Pedagogis. d. Teknologi Pengetahuan. e. Pengetahuan Pedagogis Teknologi. f. Pengetahuan Konten Pedagogis Teknologi. 5. a. Peran integritas TPACK dalam pembelajaran daring. b. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran. c. Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
1. Pendekatan TPACK adalah pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Namun, pendekatan PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru. 2. Kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran. 3. Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya. Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya Mengintegrasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan. Contohnya melibatkan guru dalam pengembangan sumber belajar digital, diskusi rutin pengembangan konten digital, memasukkan program peningkatan melek TIK bagi guru dan sebagainya 4. - Technological Knowledge (TK) - Pedagogical Knowledge (PK) - Content Knowledge (CK) - Pengetahuan pedagogi dan materi (PCK) - Pengetahuan teknologi dan materi (TCK) - Pengetahuan teknologi dan pedagogi(TPK) - Pengetahuan teknologi, pedagogi dan materi (TPCK)
5. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran ketersediaan gratis yang menunjang pembelajaran membantu guru sebagai alat pembelajaran daring. Refleksi pengembangan guru bahasa inggris.
1. TPACK (Technological pedagogical Content Knowledge) ialah salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintergrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran
2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi yaitu digunakan untuk menganalisa pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran.
3. Menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi - Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik, - untuk memahami materi pembelajaran, - Mengintregasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan, dan - Mengintregasikan TIK dalam strategi.
4. Jenis-jenis pengetahuan dasar pada TPACK yaitu:- Technological Knowledge (TK), -Pedagogical Knowledge (PK), - Content Knowledge (CK)
5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa inggris antara lain: - Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar , - Platform teknologi sebagai alat pembelajaran seperti internet, - Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru, dll.
Kesimpulan TPACK merupakan salah suatu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasi guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran. Selain menjadi suatu jenis pengetahuan baru, TPACK telah menjadi kerangka kerja atau framework yang dapat digunakan untuk menganalisis pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran.
Pengukuran TPACK merupakan aktivitas penilaian tingkat penguasaan TPACK yang dilakukan menggunakan TPACK framework. Pengembangan TPACK merupakan kelanjutan dari proses pengukuran yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan TPACK. TPACK dapat dijadikan sebagai kerangka kerja untuk mendesain kurikulum pendidikan guru yang lebih sesuai dengan era dan tuntutan pembelajaran Abad 21
1. TPACK adalah satu pengetahuan jenis baru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
2. Bahwa sudah menjadi keharusan bagi seorang guru zaman sekarang untuk menguasai TPACK dan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran karena sudah masuk ke dalam kerangka kerja.
3. Berdasarkan contoh yang diberikan oleh pemateri, yaitu dengan membuat materi ajar RPP online learning dengan mengintegrasikan teknologi. Menggunakan platform online conference seperti Zoom Meeting dkk., video pembelajaran seperti YouTube, Pahamify, Zenius, Coursera, Duolingo, Memrise, dll., Beralih dari penggunaan kertas ke Microsoft Office, WPS, dll., untuk mengerjakan tugas. Hal-hal tersebut juga merupakan penerapan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.
4. TPACK terbentuk atas 3 perpaduan jenis pengetahuan dasar, yaitu: Technological Knowledge (TK) Pedagogical Knowledge (PK), dan Content Knowledge (CK).
5. TPACK berperan untuk mengembangkan dan memperbanyak metode dan alat pembelajaran, terutama pembelajaran daring di masa pandemi, dan juga sebagai refleksi untuk guru tentang pengalaman dan pengetahuan mengajarnya apakah meningkat atau menurun.
Firanda Eka Pratiwi 20201111039
BalasHapusAnswer:
1.Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
2.Merupakan kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran.
3. (1) Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik. Contoh Saudara menggunakan Microsoft excel untuk mengolah nilai, menggunakan kuis online untuk menilai partisipasi peserta didik, enggunakan grup chatting untuk memahami cara berkomunikasi melalui medsos dan sebagainya.
(2) Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya.
(3) Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya.
4. yaitu Technological
Knowledge (TK), Pedagigical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK). Hasil
perpaduan 3 pengetahuan dasar tersebut, menghasilkan 4 pengetahuan baru, meliputi
Pedagogical Content Knowledge (PCK), Technological Content Knowledge (TCK),
Technological Pedagogical Knowledge (TPK), dan Technological Pedagogical Content
Knowledge (TPACK).
5.
(1)Peran integrasi TPACK dalam pembelajaran daring
Integrasi TPACK membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar.
(2) Platform teknologi sebagai alat pembelajaran
Teknologi tidak terlepas dari akses internet untuk memudahkan dalam pembelajaran. Hal ini memberikan kesempatan belajar lebih banyak melalui akses internet.
(3)Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru
Refleksi practice memiliki manfaat dari refleksi yang fokus dan pengujian kritis dari pengalaman mengajarnya yang mana menuju peningkatan dan perkembangan selanjutnya seeorang guru.
Pada konteks TPACK dalam pembelajaran bahasa Inggris, Menurut anda pengetahuan (knowledge) apa yang lebih penting dikuasai oleh seorang guru? Technological? Pedagogical? or Content Knowledge?. Jelaskan pendapat dan alasan anda!
BalasHapusMenurut saya yang pertama penting untuk dikuasai yaitu Content Knowledge, karena seperti yang bisa kita lihat dari namanya yaitu 'content' yang berarti isi atau pengetahuan dalam sebuah subjek yang akan diajarkan. Misalnya jika seorang guru saja tidak menguasai suatu materi, bagaimana beliau bisa menjelaskan dengan baik materi untuk siswanya. Yang kedua Pedagogical Knowledge dan yang terakhir Technological.
HapusMenurut saya, Pedagogical knowledge merupakan komponen pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru, Karena guru harus tahu dan paham dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan, alat pendidikan, cara melaksanakan pendidikan, anak didik, pendidik dan sebagainya.
Hapus“Pedagogical Knowledge refers to the method and proses of teaching and includes knowledge in classroom management, assessment, lesson plan development, and student learning”, yang berarti Pedagogical Knowledge adalah cara dan proses mengajar serta meliputi pengetahuan tentang manajemen kelas, tugas, perencanaan pembelajaran, dan pembelajaran siswa.
semuanya penting, karna itu adalah kerangka kerja yang akan menjadi acuan guru dalam mendesain model pembelajaran yang baik dan seimbang. ketika guru memahami tentang kerangka kerja TPACK dan kemudian keyakinan mereka terbentuk maka hal ini akan membantu guru untuk mendesain model pembelajaran yang terintegrasi teknologi dengan mempertimbangkan aspek pedagogi dan konten yang memanfaatkan teknologi secara seimbang.
Hapussaya rasa ketiganya memiliki peran yang sama-sama penting. guru harus memiliki Pengetahuan materi (content knowledge/CK) yaitu penguasaan bidang studi atau materi pembelajaran. Dimana guru harus faham betul materi apa yang diajarkan agar ketika pembelajaran berlangsung guru bisa menjelaskan ilmu tersebut secara baik dan benar. Kemudian yang tidak kalah penting lagi ialah Pengetahuan pedagogis (pedagogical knowledge/PK) yaitu pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran. Hal ini kenapa sangat penting karena ini yang menentukan ilmu itu dapat dicerna atau dipahami dan tersampaikan atau tidak kepada siswanya, karena seberapa bagus atau penting suatu ilmu namun strategi penyampaiannya tidak sesuai maka akan tidak tersampaiakan ilmu tersebut. kemudian mengenai Pengetahuan teknologi (technological knowledge/TK) yaitu pengetahuan bagaiamana menggunakan teknologi digital. pengetahuan guru juga akan teknologi juga penting karena guru harus sadar bahwa semakin lama teknologi ini semakin maju dan jangan lupakan bahwa anak didik yang kita ajarkan nantinya mereka lebih tertarik dengan teknologi maka kita sebagai guru juga harus bisa memanfaatkan tenologi denagn baik karena dengan teknologi. Manfaat teknologi sendiri dapat MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR
HapusHal ini terjadi karena informasi yang ada di Internet lebih update sehingga para siswa bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi baru yang diperlukan, di bawah pengawasan guru., MEMUDAHKAN AKSES BELAJAR
Proses pembelajaran dapat dipemudah dengan adanya teknologi dalam pendidikan. Misalkan guru dapat memberikan materi atau tugas belajar melalui email sehingga peserta didik bisa segera menyelesaikan dan mengumpukan tugas tersebut.MATERI LEBIH MENARIK
Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membuat peserta didik lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton. Karena penyampaian informasi melalui teknologi cangging terlihat lebih variatif dan modern.
Yang pertama tentu saja content knowledge yang merupakan bahan ajar yang akan disampaikan, kemudian pedagogical yang mencakup segala aspek yang dibutuhkan guru dalam mengajar, kemudian yg terakhir technological knowledge yang menurut saya adalah sebuah pengembangan cara dari teknik pengajaran konvensional dengan menggunakan teknologi agar penyampaian bahan ajar semakin mudah untuk guru maupun siswa.
HapusNama : Hervani Novitasari
HapusNim : 20201111049
Menurut saya sma pentingnya karena dari 3 knowledges tersebut saling berkaitan.Diperlukan gabungan pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten, karena pengetahuan konten dan pengetahuan pedagogi seorang guru tidak selalu sama kuatnya, secara tentatif ada tiga kemungkinan gambaran PCK yang dimiliki guru, pertama guru yang memiliki pengetahuan pedagogi yang terbatas namun kuat dalam konten, kedua, guru yang memiliki pengetahuan pedagogi yang kuat namun pengetahuan kontennya terbatas, dan ketiga guru yang memiliki pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten yang sama kuat.
Nadia Prihatini Gaffar/20201111023
HapusMenurut saya ketiga dari pengetahuan tersebut sangat penting dan memiliki perannya masing-masing. Jika salah satu knowledges tidak dikuasai oleh guru maka pembelajaran tidak akan berjalan sempurna, karena pengetahuannya tidak balance. Contohnya, dalam pembelajaran guru wajib memiliki CONTENT KNOWLEDGE karena pengetahuan tersebut tidak dikuasai maka guru akan sulit untuk memberi arahan pembelajaran kepada siswa sehingga prosesnya menjadi tidak efisien. Untuk mendukung CONTENT KNOWLEDGE, tentu guru harus memiliki PEDAGOGICAL KNOWLEDGE yang menunjang guru mendalami semua proses dan praktik metode belajar dan mengajar yang mencakupi nilai dan tujuan pendidikan. Agar semua proses kedua elemen yang tadi disebutkan berjalan dengan sempurna, maka guru wajib memiliki TECHNOLOGICAL KNOWLEDGE yang mana di jaman sekarang teknologi semakin maju dan banyak sekolah menggunakan teknologi digital seperti komputer dan perangkat-perangkat lunak lainnya.
Mirna Safira_20211111038
HapusMenurut saya, ketiga pengetahuan (knowledge) tersebut penting untuk dimiliki oleh guru bahasa Inggris karena content knowledge dibutuhkan dalam hal pengetahuan mengenai materi pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa, pedagogical knowledge dibutuhkan dalam hal praktik mengajar, dan technological knowledge yang dibutuhkan dalam hal mengoperasikan teknologi. Sehingga, ketika guru dapat menerapkan ketiganya, akan maksimal dalam proses mengajar kepada siswanya.
Aulia Nur Fitriayanti
Hapus20201111048
Menurut saya ketiga pengetahuan itu sangat penting bagi guru dan tidak bisa dipisahkan, dikarenakan kalau di pisah maka menjadi ga balance dan tidak sempurna soalnya udah ada tugas sendiri-sendiri
Aghnia Jihan Savira Anjani _ 2020111037
HapusMenurut saya, ketiganya penting untuk dikuasai karena saling berkesinambungan dari konteks satu ke konteks lainnya. dan urutan yang penting terlebih dahulu dikuasai oleh guru Bahasa inggris menurut saya adalah knowledge, pedagogical, and then technological, namun ada baiknya jika pedagogical dan technological seimbang penguasaannya.
Jika ditanya mana yang lebih penting, maka masing-masing aspek saling menguatkan dan berhubungan; Teknologi yang mengubah dan menambah metode pembelajaran, Pedagogical Knowledge yang merupakan salah satu dasar kompetensi guru untuk mengatur dan mengadaptasi atas datangnya teknologi dalam dunia pembelajaran, dan Content Knowledge yang merupakan inti dari menjadi seorang guru, untuk mengajarkan materi pelajaran.
Hapus1. TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) adalah salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai oleh guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
BalasHapus2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi adalah platform teknologi sebagai alat pembelajaran berupa materi dan strategi dalam belajar.
3. Cara menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan standar yang menekankan peningkatkan pengetahuan guru tentang versi perangkat keras dan perangkat lunak saat ini.
4. Jenis-jenis pengetahuan dasar pada TPACK, yaitu:
- Technological Knowledge (TK)
- Pedagogical Knowledge (PK)
- Content Knowledge (CK)
5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa Inggris
- Integrasi TPACK membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar
- Memudahkan pembelajaran yaitu dalam mengakses website tertentu.
- Refleksi yang dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi guru.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : mas Dewi Fatimatus Zahra
BalasHapusNIM : 20201111045
1. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) menggambarkan
jenis pengetahuan guru yang dibutuhkan untuk mengajar secara efektif dengan
teknologi.
2. kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran. yang berfokus pada pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogis, dan pengetahuan akan konten Dengan membedakan di antara ketiga jenis pengetahuan ini, kerangka kerja TPACK menguraikan bagaimana konten (apa yang diajarkan) dan pedagogi (bagaimana guru menyampaikan konten itu) harus membentuk dasar untuk integrasi pendidikan yang efektif.
3. menggunakan media sosial untuk menganalisis, misalnya dinegara brazil seorang guru menyuruh murid untuk menganalisis grammar dari tulisan dalam platform tweeter idolanya. dan masih banyak cara tergantung kebutuhan dan kreatifitas dan inovasi guru.
4. Technological Knowledge (TK), Pedagigical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK). Pendekatan TPACK melampaui ketiga tipe pengetahuan ini
dalam isolasi yang memungkinkan terbentuk tujuh tipe baru pengetahuan karena
irisan masing-masing tipe pengetahuan. Content Knowledge (CK). Pedagogical Knowledge (PK). Technology Knowledge (TK). Pedagogical Content Knowledge (PCK). Technological Content Knowledge (TCK).Technological Pedagogical Knowledge (TPK). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).
5. kerangka kerja TPACK menolong siswa untuk mempelajari bahasa inggris dengan lebih baik dan juga lebih mudah. Selain itu guru juga merasa yakin bahwa kerangka kerja TPACK menolong mereka untuk mendesain model pembelajaran yang seimbang sehingga peran teknologi tidak dominan dalam pembelajaran dan siswa tidak menjadi obsesif dengan kehadiran teknologi di dalam kelas.
1. Pendekatan TPACK merupakan pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Namun, pendekatan PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru.
BalasHapus2. Kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran.
3. Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya.
Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya
Mengintegrasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan. Contohnya melibatkan guru dalam pengembangan sumber belajar digital, diskusi rutin pengembangan konten digital, memasukkan program peningkatan melek TIK bagi guru dan sebagainya
4. - Technological Knowledge (TK)
- Pedagogical Knowledge (PK)
- Content Knowledge (CK)
5. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran ketersediaan gratis yang menunjang pembelajaran membantu guru sebagai alat pembelajaran daring.
Refleksi pengembangan guru bahasa inggris.
1. Apa yang dimaksud dengan TPACK
BalasHapusJawab: merupakan pembelajaran yang menggunakan penerapan gabungan sistem pendidikan yang mengedepankan teknologi dan aplikasi (konten) tertentu dalam pembelajaran.
2. Apa yang dimaksud dengan kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi
Jawab: ialah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dimana hal ini dapat membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran dengan lebih mudah dan baru
3. Bagaimana menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi
Jawab:
a. Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik contohnya dengan menggunakan microsoft excel untuk mengolah nilai, menggunaian kuis online untuk menulai partisipasi peserta didik
b. Menggunakan TIK untuk menyajikan data contohnya menggunakan TIK untuk menyanjikan data akademik, data induk peserta dll
4. Sebutkan elemen-elemen atau jenis pengetahuan dasar pada TPACK
Jawab:
a. Pengetahuan materi (CK)
b. Pengetahuan pedagogis(PK)
c. Pengetahuan teknologi (TK)
d. Pengetahuan pedagogi dan materi (PCK)
e. Pengetahuan teknologi dan materi (TCK)
f. Pengetahuan teknologi dan pedagogi(TPK)
g. Pengetahuan teknologi, pedagogi dan materi (TPCK)
5. Apa peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa inggris Jawab: a.Mengintegrasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan. Contohnya melibatkan guru dalam pengembangan sumber belajar digital, diskusi rutin pengembangan konten digital, memasukkan program peningkatan melek TIK bagi guru dan sebagainya, b. Mengintegrasikan TIK untuk menyajikan data. Contohnya menggunakan TIK untuk menyajikan data akademik, data induk peserta didik, data mutasi peserta didik, membuat grafik dan sebagainya, c. Mengintegrasikan TIK dalam strategi pembelajaran. Contohnya mengembangkan pembelajaran berbasis web, mengelola forum diskusi online, melaksanakan teleconference, menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dan sebagainya., d. Menerapkan TIK untuk pengelolaan pembelajaran. Contohnya menggunakan TIk untuk presensi online, memasukkan dan mengolah nilai peserta didik, menggunakan sistem informasi akademik dan sebagainya
Indah Prahastini / 20201111042
BalasHapus1. TPACK (Technological pedagogical Content Knowledge) merupakan salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintergrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran
2. TPACK telag menjadi kerangka kerja atau framework yang dapat digunakan untuk menganalisa pengetahuan guru
3. Menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi
- Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik
- Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran
- Mengintregasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan
- Mengintregasikan TIK dalam strategi
4. Jenis pengetahuan dasar pada TPACK:
- Technological Knowledge (TK)
- Pedagogical Knowledge (PK)
- Content Knowledge (CK)
5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa inggris:
- Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar
- Platform teknologi sebagai alat pembelajaran seperti internet
- Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru
1. Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran dan perkembangannya.
BalasHapus2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi yaitu digunakan untuk menganalisa pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran.
3. Cara menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi yaitu dengan cara platform teknologi sebagai alat pembelajaran dengan itu membantu guru sebagai alat pembelajaran jarak jauh (daring) dan juga dapat mengintegrasikan teknologi informasi komunikasi dalam strategi pembelajaran. seperti, pembelajaran berbasis web, ataupun menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik.
4. Elemen-elemen atau jenis pengetahuan dasar pada TPACK yaitu:
a. Technological Knowledge (TK)
b. Pedagogical Knowledge (PK)
c. Content Knowledge (CK)
5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa inggris sebagai berikut:
a. Peran integrasi TPACK dalam pembelajaran daring.
b. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran.
c. Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
1. Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan salah satu pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
BalasHapus2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi adalah pengetahuan proses dan strategi pembelajaran menggunakan TIK.
3. • Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya.
• Mengintegrasikan TIK dalam strategi pembelajaran. Contohnya mengembangkan pembelajaran berbasis web, mengelola forum diskusi online, melaksanakan teleconference, menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dan sebagainya.
• Mengintegrasikan TIK dalam konteks mengajar. Contohnya menyediakan pilihan pembelajaran berbasis online.
4. - Pengetahuan Konten
- Pengetahuan Pedagogis
- Pengetahuan Konten Pedagogis
- Pengetahuan Teknologi
- Pengetahuan Konten Teknologi
- Pengetahuan Pedagogis Teknologi
- Pengetahuan Konten Pedagogis Teknologi
5. • Peran integrasi TPACK dalam pembelajaran daring
• Platform teknologi sebagai alat pembelajaran
• Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus1. TPACK atau Technological pedagogical Content Knowledge adalah salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintergrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
BalasHapus2. Kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran.
3. Penerapan TIK untuk menilai, memahami materi, dan mengintegrasikan strategi peserta didik.
4. Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Content Knowledge (CK).
5.- Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar pada peserta didik.
- Platform teknologi sebagai alat pembelajaran.
- Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
Muhammad Rizwan 20201111040
BalasHapus1. Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan salah satu pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi adalah pengetahuan proses dan strategi pembelajaran menggunakan TIK.
3. • Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya.
• Mengintegrasikan TIK dalam strategi pembelajaran. Contohnya mengembangkan pembelajaran berbasis web, mengelola forum diskusi online, melaksanakan teleconference, menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dan sebagainya.
• Mengintegrasikan TIK dalam konteks mengajar. Contohnya menyediakan pilihan pembelajaran berbasis online.
4. Technological Knowledge (TK), Pedagigical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK). Pendekatan TPACK melampaui ketiga tipe pengetahuan ini
dalam isolasi yang memungkinkan terbentuk tujuh tipe baru pengetahuan karena
irisan masing-masing tipe pengetahuan. Content Knowledge (CK). Pedagogical Knowledge (PK). Technology Knowledge (TK). Pedagogical Content Knowledge (PCK). Technological Content Knowledge (TCK).Technological Pedagogical Knowledge (TPK). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).
5. kerangka kerja TPACK menolong siswa untuk mempelajari bahasa inggris dengan lebih baik dan juga lebih mudah. Selain itu guru juga merasa yakin bahwa kerangka kerja TPACK menolong mereka untuk mendesain model pembelajaran yang seimbang sehingga peran teknologi tidak dominan dalam pembelajaran dan siswa tidak menjadi obsesif dengan kehadiran teknologi di dalam kelas.
1. Pendekatan TPACK merupakan pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Namun, pendekatan PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru.
BalasHapus2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi adalah platform teknologi sebagai alat pembelajaran berupa materi dan strategi dalam belajar.
3. -Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik. Contoh Saudara menggunakan Microsoft excel untuk mengolah nilai, menggunakan kuis online untuk menilai partisipasi peserta didik, enggunakan grup chatting untuk memahami cara berkomunikasi melalui medsos dan sebagainya.
-Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya.
-Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya.
4. Jenis-jenis pengetahuan dasar pada TPACK, yaitu:
- Technological Knowledge (TK)
- Pedagogical Knowledge (PK)
- Content Knowledge (CK)
5 - Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar pada peserta didik.
- Platform teknologi sebagai alat pembelajaran.
- Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
Eva Nur Ainy 20211111037
BalasHapus1. TPACK adalah sebuah inovasi baru yang memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pendekatan TPACK memadukan aspek pengetahuan (Knowledge/K), cara membelajarkan (Pedagogy/P), penguasaan materi pembelajaran sesuai bidang (Content/C) dengan TIK (Technology/T).
2. Yaitu melibatkan paket-paket pengatahuan tentang teknologi, materi, dan proses atau strategi pembelajaran. Jadi, paket-paket pengetahuan bersinggungan menghasilkan irisan- irisan menjadi paket pengetahuan baru. Kerangka kerja atau framework yang dapat digunakan untuk menganalisis pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran
3. Pendidik memiliki pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran dengan menggabungkan materi pembelajaran dengan strategi pembelajaran. Kemudian mengombinasikan bahan ajar dengan teknologi digital. Dengan pendidik memberikan penjelasan kemudian latihan soal yang merupakan pengembangan materi maka peserta didik secara tidak langsung diajarkan untuk memahami teknologi digital bagaimana mencari jawabannya.
4. Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Content Knowledge (CK).
5. mendesain model pembelajaran yang seimbang sehingga peran teknologi tidak dominan dalam pembelajaran dan siswa tidak menjadi obsesif dengan kehadiran teknologi di dalam kelas. integrasi teknologi akan berhasil jika ada kesepakatan antara guru dan siswa. Dimana walapun guru telah merasa yakin bahwa sebuah teknologi dapat dilakukan namun jika siswa merasa tidak yakin maka guru tersebut tidak akan melanjutkan penggunaan teknologi.
Mirna Safira_20211111038
BalasHapus1. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.
2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi atau TPACK merupakan bentuk pengetahuan yang muncul yang melampaui ketiga komponen (konten, pedagogi, dan teknologi).
3. Cara menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi bisa dengan menggunakan platform teknologi sebagai penunjang pembelajaran, pelatihan dengan tujuan memberikan wawasan baru dalam melaksanakan pembelajaran, dan refleksi sebagai improvement bagi guru.
4. Jenis pengetahuan dasar pada TPACK:
a. Technological Knowledge (TK)
b. Pedagogical Knowledge (PK)
c. Content Knowledge (CK)
5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa Inggris:
a. Peran integrasi TPACK dalam pembelajaran daring yang membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar
b. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran
c. Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru
Nama : Aulia Nur Fitriayanti
BalasHapusNIM. : 20201111048
1.) Technological Pedagocal Content Knowledge disingkat TPACK (sebelumnya disingkat TPCK) merupakan pengetahuan yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
2.)Guru harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi baik yang tradisional maupun modern untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran. TPACK merupakan salah suatu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasi guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran, pengukuran TPACK merupakan aktivitas tingkat penguasaan TPACK yang dilakukan menggunakan kerangka kerja TPACK, dan pengembangan TPACK merupakan kelanjutan dari proses pengukuran yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan TPACK. TPACK dapat dijadikan sebagai kerangka kerja untuk mendesain kurikulum pendidikan guru yang lebih sesuai dengan era dan pembelajaran Abad 21.
3.) TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) adalah sebuah framework (kerangka kerja) dalam mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi dan konten/materi pengetahuan (ontologis).
Kemajuan teknologi informasi yang sedemikian pesatnya, adalah sebuah keniscayaan bahwa guru harus menguasai teknologi untuk kemudian digunakan sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran.
4.) a. Pengetahuan materi (CK)
b. Pengetahuan pedagogis(PK)
c. Pengetahuan teknologi (TK)
d. Pengetahuan pedagogi dan materi (PCK)
e. Pengetahuan teknologi dan materi (TCK)
f. Pengetahuan teknologi dan pedagogi(TPK)
g. Pengetahuan teknologi, pedagogi dan materi (TPCK)
5.) *Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar pada peserta didik.
* Platform teknologi sebagai alat pembelajaran.
* Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
Annisa Aulia Urohmah 20201111010
BalasHapus1. TPACK (technological pedagogical content knowledge) adalah salah satu jenis pengetahuan baru yang harus di kuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik.
2. Kerangka yang digunakan untuk menganalisa pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran.
3. • Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya.
• Mengintegrasikan TIK dalam strategi pembelajaran. Contohnya mengembangkan pembelajaran berbasis web, mengelola forum diskusi online, melaksanakan teleconference, menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dan sebagainya.
• Mengintegrasikan TIK dalam konteks mengajar. Contohnya menyediakan pilihan pembelajaran berbasis online.
4. a. Pengetahuan Konten.
b. Pengetahuan Pedagogis.
c. Pengetahuan Konten Pedagogis.
d. Teknologi Pengetahuan.
e. Pengetahuan Pedagogis Teknologi.
f. Pengetahuan Konten Pedagogis Teknologi.
5. a. Peran integritas TPACK dalam pembelajaran daring.
b. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran.
c. Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru.
1. Pendekatan TPACK adalah pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Namun, pendekatan PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru.
BalasHapus2. Kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengetahuan tentang teknologi materi, dan proses atau strategi pembelajaran.
3. Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya.
Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya
Mengintegrasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan. Contohnya melibatkan guru dalam pengembangan sumber belajar digital, diskusi rutin pengembangan konten digital, memasukkan program peningkatan melek TIK bagi guru dan sebagainya
4. - Technological Knowledge (TK)
- Pedagogical Knowledge (PK)
- Content Knowledge (CK)
- Pengetahuan pedagogi dan materi (PCK)
- Pengetahuan teknologi dan materi (TCK)
- Pengetahuan teknologi dan pedagogi(TPK)
- Pengetahuan teknologi, pedagogi dan materi (TPCK)
5. Platform teknologi sebagai alat pembelajaran ketersediaan gratis yang menunjang pembelajaran membantu guru sebagai alat pembelajaran daring.
Refleksi pengembangan guru bahasa inggris.
Aghnia Jihan Savira Anjani _ 2020111037
BalasHapus1. TPACK (Technological pedagogical Content Knowledge) ialah salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintergrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran
2. Kerangka pengetahuan guru untuk integrasi teknologi yaitu digunakan untuk menganalisa pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran.
3. Menerapkan kerangka kerja TPACK pada pedagogi
- Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik, - untuk memahami materi pembelajaran, - Mengintregasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan, dan - Mengintregasikan TIK dalam strategi.
4. Jenis-jenis pengetahuan dasar pada TPACK yaitu:- Technological Knowledge (TK), -Pedagogical Knowledge (PK), - Content Knowledge (CK)
5. Peran TPACK dalam proses pengembangan guru bahasa inggris antara lain:
- Membantu guru dalam mendesain instruksional mengajar , - Platform teknologi sebagai alat pembelajaran seperti internet, - Refleksi sebagai sumber pengembangan profesi guru, dll.
Kesimpulan TPACK merupakan salah suatu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasi guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran. Selain menjadi suatu jenis pengetahuan baru, TPACK telah menjadi kerangka kerja atau framework yang dapat digunakan untuk menganalisis pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran.
BalasHapusPengukuran TPACK merupakan aktivitas penilaian tingkat penguasaan TPACK yang dilakukan menggunakan TPACK framework. Pengembangan TPACK merupakan kelanjutan dari proses pengukuran yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan TPACK. TPACK dapat dijadikan sebagai kerangka kerja untuk mendesain kurikulum pendidikan guru yang lebih sesuai dengan era dan tuntutan pembelajaran Abad 21
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus1. TPACK adalah satu pengetahuan jenis baru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
BalasHapus2. Bahwa sudah menjadi keharusan bagi seorang guru zaman sekarang untuk menguasai TPACK dan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran karena sudah masuk ke dalam kerangka kerja.
3. Berdasarkan contoh yang diberikan oleh pemateri, yaitu dengan membuat materi ajar RPP online learning dengan mengintegrasikan teknologi. Menggunakan platform online conference seperti Zoom Meeting dkk., video pembelajaran seperti YouTube, Pahamify, Zenius, Coursera, Duolingo, Memrise, dll., Beralih dari penggunaan kertas ke Microsoft Office, WPS, dll., untuk mengerjakan tugas. Hal-hal tersebut juga merupakan penerapan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.
4. TPACK terbentuk atas 3 perpaduan jenis pengetahuan dasar, yaitu: Technological Knowledge (TK) Pedagogical Knowledge (PK), dan Content Knowledge (CK).
5. TPACK berperan untuk mengembangkan dan memperbanyak metode dan alat pembelajaran, terutama pembelajaran daring di masa pandemi, dan juga sebagai refleksi untuk guru tentang pengalaman dan pengetahuan mengajarnya apakah meningkat atau menurun.